Inilah 5 Fakta Unik Wanita Indonesia Saat Berbelanja

JABARNEWS | BANDUNG – Berbelanja memang merupakan suatu hal yang sudah menjadi kesenangan bagi setiap perempuan. Namun meskipun beberapa dari mereka merupakan tipe yang hemat atau irit, tentunya tak akan menolak jika mereka mendapatkan jatah atau bonus lebih untuk berbelanja.

Bagi sebagian perempuan, hasrat berbelanja mungkin dapat muncul kapan saja, terutama ketika mereka sedang merasa badmood ataupun merasa sedang buruk hatinya. Maka dengan begitu, obat yang paling manjur adalah dengan berbelanja.

Berikut di bawah ini adalah 5 fakta unik wanita Indonesia saat berbelanja, diantaranya:

1. Tawar Menawar

Umumnya, mesikpun sudah diskon atau ada potongan harga, namun belum memuaskan jika belum melakukan tawar menawar untuk para wanita Indonesia. Diluar negeri pun sebenarnya ada tawar menawar, hanya saja tidak terlalu ekstrim dan tidak semua tempat bisa dilakukan untuk tawar menawar.

Berbeda dengan di Indonesia tawar menawar merupakan hal utama yang jadi kebiasaan. Bahkan beberapa wanita di Indonesia berani menawar hingga 50% lebih atau setengah harga. Maka kebiasaan ini sulit didapatkan di negara-negara lain.

Baca Juga:  Tertipu Investasi Bodong, Puluhan Orang Geruduk Sebuah Rumah di Aren Jaya Bekasi

Selain itu, ada beberapa wanita di Indonesia yang berbelanja tidak pandang tempat agar bisa menawar. Berbeda dengan mall atau plaza yang memang sudah bulat harganya.

2. Lokasi Berbelanja

Indonesia memang memliki banyak pasar,  karena banyaknya daerah yang terpisah oleh lautan dan topografi yang berbeda, hal ini mempengaruhi jenis pasar yang ada di Indonesia. Misalnya di luar negeri sudah banyak mall besar dan juga mall kecil. Namun tidak ada pasar becek dan sejenisnya.

Berbeda dengan Indonesia yang tergolong dalam berbagai jenis seperti pasar becek atau pasar sayur, pasar tradisional seperti pasar pakaian, grosir baju, mall kecil, supermarket, minimarket, dan juga mall besar atau plaza.

Lokasi inilah yang ternyata berpengaruh pada kebiasaan wanita Indonesia yang menggolongkan uang yang mereka miliki dengan jenis pasar atau tempat berbelanja. Kelebihannya sudah jelas, anda bisa menyesuaikan kantong dan juga uang yang dimiliki.

3. Tidak Sendiri

Manusia cenderung berbelanja karena membutuhkan barang yang memang bisa dibeli dengan berbelanja. Dan uniknya, di Indonesia wanita akan meningkat kemungkinan berbelanja jika ada yang menemani.

Baca Juga:  Walubi Sumatera Utara Serahkan Ratusan Sembako Untuk Korban Banjir Serdang Bedagai

Sebanyak kurang lebih 42% wanita akan berbelanja jika berjalan-jalan bersama pasangan. Sedangkan persentase yang terkecil adalah 1%, ketika wanita berbelanja sendirian. Hal ini sudah menjadi kebiasaan wanita Indonesia yang ingin berbelanja yang pasti akana minta ditemani oleh keluarga, teman, ataupun pasangan.

4. Menghitung Diskon

Umumnya, menghitung diskon terlebih dahulu saat akan berbelanja merupakan hal biasa yang dilakukan wanita Indonesia. Namun lucunya bukanlah diskon yang terpenting, melainkan nominal atau jumlah dalam rupiah yang dibutuhkan wanita Indonesia. Maka anda jangan merasa aneh ketika ada di toko yang penuh dengan diskon maka akan ada wanita yang sibuk melihat ponselnya, bisa jadi dia sedang menghitung diskon.

5. Tidak Enak Jika Tidak Membeli

Sebagian wanita mungkin hanya akan melihat-lihat saja saat mendatangi tempat perbelanjaan. Namun jika berbelanja diluar, rasanya jarang orang hanya melihat kemudian pergi. Beberapa toko bahkan memang menandakan bahwa dilarang hanya melihat-lihat saja. Uniknya, orang Indonesia harus izin atau bilang terlebih dahulu pada karyawan toko. Hal tersebut tentu tidak masalah jika hanya melihat-lihat, karena toko tidak seperti katalog sebuah produk yang sudah menampilkan pakaian, warna, foto dan lain sebagainya, sehingga memudahkan anda dalam membeli.

Baca Juga:  Satu Rumah Di Deli Serdang Hangus Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

Itulah tadi 5 fakta unik wanita Indonesia saat berbelanja. Ada baiknya jika anda mengurangi kebiasaan buruk saat berbelanja. Kebiasaan ini menjadi suatu ciri khas, karena hampir semua wanita di Indonesia melakukan hal tersebut. Tidak salah, hanya saja kebiasaan tersebut jika dilakukan secara berlebihan akan menyulitkan anda ketika berbelanja, misalnya lama mendapatkan barang, kembali lagi ke toko awal setelah berputar-putar hingga mendapat respon yang tidak baik dari karyawan atau pelayan toko.

Perlu anda ketahui, mungkin sebenarnya mereka bisa saja menjadi tidak senang karena perilaku yang anda tunjukkan. Meskipun pembeli adalah raja, akan tetapi pembeli yang menyebalkan justru dapat menyebabkan neraka juga. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari cermati.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat