bjb

Inilah Penyakit Yang Akan Menyerang Ibu Hamil Jika Kurang Tidur

JABARNEWS | BANDUNG - Kesehatan tubuh dalam masa kehamilan memang harus benar-benar diperhatikan. Mulai dari asupan gizi hingga pola hidup.

Kebutuhan tidur yang cukup setiap harinya pun perlu diperhatikan, karena jika ibu hamil kurang tidur maka akan memicu terjadinya penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Ibu hamil pun ternyata dapat mengalami diabetes gestasional, jika pola tidurnya tidak teratur. Diabetes gestasional adalah diabetes yang dialami sang ibu selama masa kehamilan yang cenderung akan terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Profesor madya di University of Illinois, Chicago College of Medicine, Dr Sirimon Reutrakul, menjelaskan bahwa kaitan antara tidur yang kurang dan meningkatnya risiko diabetes telah dilaporkan di sejumlah penelitian besar pada populasi non ibu hamil. Ada juga beberapa penelitian lain yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah pada ibu hamil, namun kebanyakan peningkatannya tidak terlalu besar.

Ibu hamil bisa mengalami diabetes gestasional di trimester kedua dan ketiga kehamilannya. Oleh karena itu, memang sangat disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan tes gula darah saat usia kehamilannya menginjak 24-28 minggu.

Seorang wanita bisa berisiko tinggi mengalami diabetes gestasional bila kadar gula darahnya meningkat. Akan tetapi butuh tes dan pengujian lebih lanjut untuk mendiagnosis diabetes gestasional.

Umumnya kadar gula darah ibu akan kembali normal pasca melahirkan, namun ibu dengan diabetes gestasional cenderung memiliki berat badan yang tinggi saat melahirkan. Ibu hamil akan berisiko mengalami diabetes tipe 2 dan begitu pula bayinya. Bayi pun akan berisiko mengalami diabetes tipe 2 dan juga obesitas.

Oleh karena itu, memastikan mendapat tidur yang cukup setiap harinya sangatlah penting bagi ibu hamil. Dianjurkan untuk menjalani pola hidup teratur saat dalam masa kehamilan agar kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan dapat terjaga dengan baik dan juga seimbang. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi