Wayang Sukuraga Eksis Di Thailand

JABARNEWS | SUKABUMI– Wayang Sukuraga merupakan ikon kota Sukabumi yang sangat membanggakan. Pasalnya seni wayang ini bakal unjuk kebolehannya dalam gelaran bertajuk International Confrence Education di Thailand pada 5-13 April 2018.

Event tersebut diadakan oleh Indonesia Diaspora Network (IDN) Thailand. IDN merupakan komunitas masyarakat Indonesia yang ada di luar negri dimana pertunjukkan yang diadakan nanti tak hanya disaksikan orang Indonesia tetapi juga warga asing.

Baca Juga:  Jangan Dianggap Enteng, Begini Bahaya Tidur Setelah Sahur bagi Kesehatan

“Kita ingin wayang khas Sukabumi dikenal luas di dunia Internasional. Salah satunya dengan cara ikut event seperti yang diadakan IDN ini,” ungkap Effendi dalang dari Wayang Sukuraga saat ditemui di sekretariatnya yang berlokasi di Kelurahan Sukuraya, dilansir dari Radarsukabumi Rabu (4/4/2018).

Baca Juga:  Ramadan di Tunisia, Menghidupkan Kemanusiaan Kita

Wayang Sukuraga cukup unik karena tak bertema kisah sejenis Mahabrata. Cerita dalam pewayangan ini sesuai dengan nama nama tokohnya yang di ambil dari anggota badan seperti mulut, telinga , Tangan dan lainnya. Wayang ini banyak bercerita soal manusia secara internal , konflik-konflik para anggota badan manusia.

Baca Juga:  Rehab Rutilahu oleh Satgas TMMD

Tak hanya menampilkan Wayang Sukuraga, Effendi yang berangkat bersama 4 rekannya juga bakal menampilkan karya seni lain. Mereka akan memamerkan seni lukis khas Sukuraga yang sudah ada sejak 1987 di Kota Sukabumi. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat