Wow, Inilah Deretan Negara Yang Penduduknya Ternyata Cerdas

JABARNEWS | BANDUNG – Manusia adalah makhluk hidup yang dianugerahi akal dan pikiran. Perkembangan teknologi yang kini telah tercipta adalah hasil dari kerja keras otak manusia.

Jika berbicara mengenai kecerdasan, seringkali kita berpikir bahwa ilmuwan selalu datang dari dunia barat. Para pemenang nobel di bidang ilmu pengetahuan seringkali datang dari Eropa, dan berpikir bahwa kecanggihan teknologi dikembangkan oleh negara adidaya. Namun jika ditelaah lebih detil, ada negara-negara yang memang memiliki rata-rata penduduk yang cerdas.

Kecerdasan sebenarnya tak terlalu berpengaruh bagaimana sebuah negara memegang peranan terhadap perkembangan teknologi. Terbukti, negara paling cerdas adalah negara yang keuangannya stabil dan baik. Disamping itu, sistem pendidikannya pun nyaris sempurna.

Berikut di bawah ini adalah 10 negara yang memiliki penduduk yang cerdas, diantaranya:

10. Austria

Rata-rata penduduk Austria memiliki IQ sekitar 100. Bagian dari penyumbang kejeniusan Austria mungkin karena kekayaannya. CIA World Factbook menempatkannya sebagai salah satu negara terkaya ke-33 di dunia berdasarkan PDB per kapita dan mengalahkan Inggris yang berada pada urutan ke-40.

Karena pendapatan dan pendidikan cenderung berjalan beriringan, ada anggapan bahwa Austria diuntungkan pada kedua fakta kombinasi itu, ditambah lagi mengingat populasi mungilnya.

Secara historis, orang-orang Austria telah memanfaatkan otak besar mereka untuk hal yang baik. Dinasti Hapsburg mereka pernah memerintah sebagian besar Eropa.

Menariknya, banyak di antara orang Austria yang meraih penghargaan Nobel, yakni, total 21 orang.

9. Swiss

Rata-rata penduduk Swiss memiliki IQ sekitar 101, dan tak jauh berbeda seperti Austria, baagian utama dari penyumbang kejeniusan mereka adalah kekayaan perekonomian penduduknya.

Baca Juga:  Karena Mangkir Bertugas dan Tawar Menawar Kasus, Tiga Hakim Ini Dijatuhi Nonpalu

Orang Swiss juga tampak menghargai intelektualisme. Selain itu, Ibu Kota Bern merupakan tempat Albert Einstein berhasil memimpikan pertama kali teori relativitas kenamaannya yang mungkin menjadi penanda betapa pintarnya negara tersebut.

Yang menjadikan Swiss menjadi salah satu negara yang terpintar mungkin adalah asas netralitas mereka dalam setiap peristiwa dunia. Sehingga, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar, ketimbang berperang seperti negara lainnya.

8. Mongolia

Rata-rata penduduk Mongolia juga ternyata memiliki IQ sekitar 101, sebuah posisi yang mengejutkan. Negara itu tidak kaya seperti Austria dan Swiss, mengingat mereka duduk di peringkat ke-122 berdasarkan tolak ukur PDB menurut CIA World Factbook.

Akan tetapi, Mongolia dikabarkan efektif dalam mengelola keuangan mereka untuk kepentingan pendidikan dan hal tersebut membuat mereka memiliki sistem pendidikan yang lebih baik dengan sejumlah besar negara di Eropa.

7. Islandia

Rata-rata penduduk Islandia memiliki IQ sekitar 101. Yang menjadikan Islandia sebagai salah satu negara yang terpintar adalah karena mereka juga disebut sebagai negara teraman di bumi.

Hal ini terbukti dari semua keamanan itu dikombinasikan dengan semua waktu yang dihabiskan para penduduknya di dalam rumah untuk menghindari cuaca buruk, sehingga mereka lebih banyak belajar ketimbang melakukan aktivitas lain.

Tak hanya itu, meledaknya perekonomian di Islandia pada tahun 80 hinga 90-an pun dapat disebut sebagai salah satu faktor penyebab kepintaran mereka.

6. Italia

Rata-rata penduduk Italia memiliki IQ sekitar 102. Penyebab mereka menjadi salah satu negara yang terpintar di dunia adalah masa lalu yang panjang dan nilai historis yang mereka miliki sebagai salah satu lokasi pusat Kekaisaran Romawi.

Baca Juga:  Kemenristek Dikti Luncurkan Sistem Kuliah Jarak Jauh

Tak hanya itu, sumbangsih mereka pada sejumlah kemajuan ilmiah, industri, seni, dan kesusasteraan yang berlangsung lama, sejak 2.000 tahun lalu hingga kini, juga dianggap sebagai salah satu faktor yang patut dipertimbangkan.

5. Taiwan

Meski bukan sebagai negara yang benar-benar ‘negara’, mengingat perselisihannya dengan China, rata-rata penduduk Taiwan (yang memproklamirkan diri sendiri sebagai negara yang berdaulat) memiliki IQ sekitar 104.

Kini Taiwan adalah negara maju yang berpikir sejahtera yang juga kebetulan terlihat sangat baik. Taiwan juga menggunakan kemakmuran negaranya untuk berinvestasi pada kaum mudanya.

Sebuah studi tahun 2015 oleh OECD yang membandingkan data dari 76 penelitian menempatkan pendidikan Taiwan di peringkat ke-4 terbaik di seluruh dunia.

4. China

Rata-rata penduduk China memiliki IQ sekitar 105. China menjadi salah satu negara yang sangat memenuhi stereotip dunia terhadapnya, di mana hampir sebagian besar orang-orang sangat cerdas. Tiongkok juga ketat bersaing dengan dan mengungguli AS di sektor teknologi, dan sebagian besar teknologi terdepan yang paling menarik sekarang hadir dengan cap ‘buatan China’.

3. Jepang

Rata-rata penduduk Jepang memiliki IQ sekitar 105. Kita semua terbiasa dengan stereotip penduduk Jepang: kerja keras yang absurd. Dalam studi 2015 yang dilakukan OECD, Jepang berada di urutan keempat bersama Taiwan untuk pendidikan, di mana matematika dan sains sangat diperhatikan.

Dengan sistem pendidikan mereka yang hebat dan otak encer yang hampir dimiliki setiap warga, mungkin tidak mengherankan jika Jepang menghabiskan puluhan tahun di garis depan perubahan teknologi. Sejak lama sekali, segala sesuatu yang menarik dan penting keluar dari Tokyo.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Pisces Hari Ini

2. Korea Selatan

Rata-rata penduduk Korea Selatan memiliki IQ sekitar 106. Mereka juga duduk di tiga besar negara yang memiliki sistem edukasi terbaik di dunia.

Korea Selatan adalah surga hi-tech, dengan internet tercepat di dunia, penggunaan smartphone secara luas, dan semua hal lain yang mengarah ke keseluruhan industri orang pintar yang melakukan hal-hal cerdas untuk secara kolektif membuat dunia menjadi tempat yang lebih cerdas.

Kepintaran Korea Selatan mungkin datang dari fakta bahwa negara itu menjadi negara kaya dengan sistem pendidikan yang ciamik.

Bukan berarti selalu begini. Kembali di masa kegelapan pada pertengahan abad ke-20, Pyongyang sebenarnya lebih kaya dari pada tetangga selatannya dengan selisih yang signifikan. Korea Utara diberkati dengan dukungan moneter Soviet, dan memiliki kekayaan mineral dalam jumlah besar.

1. Singapura

Rata-rata penduduk Singapura memiliki IQ sekitar 108. Dari menjadi pulau kecil tanpa sumber daya alam, pemimpin pertama SIngapura Lee Kuan Yew berhasil mengubah negaranya menjadi penduduk terpintar di dunia. Ia menaikkan tingkat pendidikan orang Singapura sedemikian tinggi sehingga mereka melaju ke tempat pertama.

Menurut OECD, Singapura memiliki satu sistem pendidikan terhebat di dunia. Satu-satunya wilayah lain yang mencapai tingkat yang sama pada peringkat IQ adalah Hong Kong, tapi karena itu bukan negara, tidak ada tempat dalam daftar ini.

Itulah tadi  10 negara yang memiliki penduduk yang cerdas. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari toptenz.net

Jabarnews | Berita Jawa Barat