Banjir Terjang Garut

JABARNEWS | GARUT –  Hujan deras akibatkan sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut terendam banjir. Sehingga lalu lintas arah Bandung pun dialihkan via Cipanas pada Sabtu (7/8/2018).

Kawasan yang terendam banjir dilansir dari detik yakni sebagian Kecamatan Tarogong Kaler dan Tarogong Kidul. Jalan yang tergenang banjir antara lain Jalan Raya Otista, Jalan Rancabango dan sebagian Jalan Suherman. Polisi mengalihkan arus kendaraan dari arah pusat perkotaan Garut menuju Bandung ke Jalan Cipanas.

Baca Juga:  Rini Bilang Masih Banyak BUMN Yang Sakit

“Untuk pengalihan arus dari arah Simpang Lima yang mengarah Tarogong dialihkan ke Jalan Pembangunan. Dari arah Jalan Sudirman yang mengarah ke Tarogong dialihkan melewati Jalan Suherman serta Jalan Proklamasi,” ujar KBO Lantas Polres Garut Iptu Tejo Reno.

Tejo mengatakan, pengalihan arus akan dilakukan hingga genangan banjir surut. Diperkirakan genangan air akan menyurut dua sampai tiga jam ke depan.

“Untuk dari arah Bandung sendiri kita arahkan ke Jalan Baru Gobing, menuju Banyuresmi dan masuk ke pusat kota,” ungkapnya.

Baca Juga:  Lawan Corona, Ini yang Dilakukan Mahasiswa UPI Kampus Purwakarta

Tejo juga menyebut personel kepolisian yang turun akan ditambah untuk menjaga keamanan selama banjir. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya tabrakan yang diakibatkan para pengendara yang nekat melawan arus agar motornya tak kebanjiran.

“Sementara ini anggota polsek dan Satlantas Polres Garut berjaga di tempat genangan air dan memantau dampaknya,” ujar Tejo.

Banjir terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi sejak sore. Air dari sungai dan got meluap dan menggenangi jalanan. Ketinggian air diperkirakan sekitar 50 centimeter. Hingga saat ini, belum ada laporan resmi dampak dari banjir tersebut.

Baca Juga:  Umat Islam Jangan Mudah Terprovokasi

Jaja (60), seorang warga Jalan Raya Otista mengatakan banjir mulai terjadi sejak pukul 18.30 WIB. “Tadi kan sore hujan gede, terus kira-kira sebelum isya banjir. Air naik ke jalan,” katanya. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat