Inilah Feta, Si Keju Tersehat Di Dunia

JABARNEWS | BANDUNGFeta Cheese atau keju feta disebut-sebut sebagai keju yang paling sehat diantara keju-keju lainnya. Keju yang terbuat dari bahan dasar susu kambing yang kemudian diolah secara tradisional, menjadikan keju ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan keju-keju lainnya.

Keju feta memiliki penampakan yang kokoh namun memiliki tekstur begitu lembut. Rasanya tidak terlalu asin nemun cukup tajam melekat di lidah serta memiliki aroma khas yang cukup menyengat. Pada umumnya, keju feta ini akan sering anda jumpai dalam hidangan ala Yunani, Mediteranian serta Timur Tengah.

Selain rasanya lezat, keju feta ternyata menyimpan segudang manfaat sehingga pantas disebut sebagai keju tersehat di dunia. Berikut di bawah ini adalah manfaat keju tersehat di dunia, diantaranya:

Aman Bagi Penderita Alergi Susu Sapi

Beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap konsumsi susu sapi atau bahkan gangguan pencernaan yang fatal. Keju feta ini dapat dikonsumsibagi penderita alergi susu sapi karena keju ini diproduksi dari susu domba atau kambing yang dapat dengan lebih mudah dicerna oleh perut.

Baca Juga:  Minta PTM Segera Digelar, Pelajar di Serdang Bedagai Rindu Pakai Baju Sekolah

Feta terbaik dibuat dengan menggunakan lebih banyak susu domba dibandingkan susu kambing. Namun anda harus waspada ketika menemukan penjual keju feta yang mengatakan bahwa asalnya dari susu sapi, karena keju tersebut berarti palsu.

Diperkaya Histidin, Vitamin B6 Dan Vitamin A

Histidin merupakan salah satu dari jenis asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga anda memerlukan asupan tersebut dari apa yang dikonsumsi. Vitamin B6 berguna dalam tubuh sebagai zat yang mengubah lemak menjadi energi serta berperan dalam proses pembentukan metabolisme lemak dan protein.

Vitamin B6 seringkali digunakan sebagai kandungan dalam produk kecantikan karena baik untuk menutrisi mata, rambut, kulit dan juga dapat meningkatkan fungsi hati. Ketika kedua zat tersebut bercampur, maka akan menghasilkan histamin yang merupakan bagian dari respon inflamasi tubuh saat merasakan adanya cidera atau penyakit. Keduanya terkandung dalam keju feta sehingga jenis keju yang satu ini dianggap sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh terutama ketika dikonsumsi bersama dengan zat kaya antioksidan seperti buah dan sayur.

Baca Juga:  Calon Peserta Bintara Polri 2022, Siapkan 15 Berkas Syarat Berikut

Selain itu, keju feta diperkaya dengan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata, reproduksi dan komunikasi dalam sel-sel tubuh.

Tinggi Akan Protein

Protein dikenal sebagai zat pembangun yang membantu memperbaiki kerusakan pada tubuh dan memiliki fungsi untuk enzim, antibodi, pembawa pesan, struktur tubuh hingga rangka. Keju feta merupakan sumber protein tinggi yang mengandung 4 gram protein per 28 gram sajian.

Efektivitas protein yang berasal dari produk susu binatang dalam mengurangi risiko serangan diabetes tipe 2. Selain itu, keju feta pun memiliki kombinasi kalsium, magnesium, potassium, asam lemak spesifik dan indeks glikemik rendah sehingga mampu mengontrol glukosa, sensitivitas insulin serta sekresi insulin.

Baca Juga:  KNPI Kota Bandung Setuju Pemuda Harus Nyaleg

Tinggi Akan Kalsium

Bukan rahasia lagi bahwa semua jenis keju merupakan asupan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan juga gigi. Mineral ini dapat membantu proses pembekuan darah, proses pengiriman pesan pada saraf serta kontraksi otot.

Terdapat 99% zat kalsium terletak pada tulang dan gigi, sedangkan rambut, kulit, urin dan keringat kehilangan kalsium setiap harinya. Kalsium yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh perlu kembali disuplai melalui asupan makanan yang tepat dan bergizi seimbang. Konsumsi keju feta merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko osteoporosis, serta mempercepat pemulihan patah tulang atau retak.

Itulah tadi manfaat tentang si keju tersehat di dunia. Semoga info di atas depat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk menjalani gaya hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. (Fin)

Sumber berita ini di ambil dari theheartysoul.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat