bjb

Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Jam Istirahat Kerja

JABARNEWS | BANDUNG - Bagi anda para pekerja kantoran tentu sudah tak asing lagi dengan istilah 9-to-5. Di tengah hari, kita umumnya akan diberi waktu istirahat selama satu jam untuk makan siang. Tentunya waktu istirahat tersebut baik bagi anda untuk rehat sejenak dari penatnya kerjaan.
Berikut di bawah ini adalah 5 fakta menarik tentang jam istirahat kerja, diantaranya:
1. Memacu Produktivitas
Istirahat siang yang layak, mampu memacu produktivitas para karyawan. Saat merasa suntuk, yang anda butuhkan adalah jeda istirahat sejenak. Inilah yang hendak diakomodasi oleh istirahat siang.
Hal tersebut didukung pula dengan sejumlah penelitian yang mengungkapkan bahwa kreativitas anda akan jauh meningkat ketika mengalami pergantian suasana, terutama pada lingkungan bernuansa alami.
Profesor Kimberly Elsbach dari UC Davis Graduate School of Management mengatakan bahwa tinggal di dalam ruangan yang sama terus-menerus dapat merugikan proses berpikir yang kreatif. Menurutnya, istirahat siang membantu pekerja lebih produktif, sehingga mereka pun bakal menjadi aset yang berharga bagi perusahaan.
2. Membuat Karyawan Merasa Dihargai, Terutama Bagi Kaum Perempuan
Diberlakukannya istirahat siang yang teratur ternyata membuat karyawan akan merasa lebih dihargai, terutama pekerja perempuan. Berdasarkan studi terkini dari TINYpulse terhadap 400 pekerja, terungkap bahwa wanita lebih peduli dengan istirahat siang dibandingkan pria. Wanita yang bekerja pada perusahaan yang mendorong karyawannya bekerja pada jam makan siang cenderung memilih keluar dari pekerjaannya.
Sebaliknya, pria tidak terlalu peduli apakah mereka mendapatkan jeda istirahat atau tidak. Hasil ini bisa jadi didasarkan pada perasaan dimana perempuan cenderung kurang dihargai di tempat kerja.
oleh karena itu, istirahat siang menjadi sangatlah penting bagi mereka yang hidup dalam kultur dimana wanita kerap menjadi pekerja nomor dua.
3. Makan Siang Membantu Mengembalikan Energi
Tanpa kita sadari, berpikir dan berkonsentrasi saat menghadapi pekerjaan sepanjang hari itu menguras energi. Oleh karena itu, anda butuh asupan nutrisi di tengah hari untuk mengembalikan energi anda yang telah terkuras.
Ahli gizi yang berbasis di New York, Amereika Serikat mengungkapkan bahwa penting sekali untuk tidak melewatkan makan pada waktu istirahat kerja, jika anda tidak makan, maka kadar gula darah akan menurun, sehingga anda akan merasa lesu. Otak pun membutuhkan glukosa agar dapat berfungsi dengan baik.
4. Makan Siang Membantu Menjaga Tubuhmu Tetap Langsing
Bagi anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan, maka disarankan beristirahat sejenak untuk makan siang. Selain mengembalikan energi, makan siang yang cukup dapat menjaga metabolisme tubuh anda. Dengan metabolisme tubuh yang baik, maka anda pun akan lebih mudah dalam menjaga berat badan.
Lupakan mitos bahwa anda harus melewatkan makan siang untuk memangkas kalori demi menurunkan berat badan. Menurut Weight Control Information Network, mereka yang melewatkan makan cenderung memiliki berat badan yang lebih dibandingkan dengan orang-orang yang makan teratur. Melewatkan makan siang mendorong nafsu makan yang lebih besar di sore hari, sehingga aka membuat anda cenderung untuk makan berlebihan.
5. Kebanyakan Bekerja Bisa Memperpendek Usia
Orang-orang besar menghabiskan waktunya dengan bekerja. Namun anda mungkin akan berpikir dua kali sebelum memutuskan melewatkan istirahat siang untuk terus bekerja.
Studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Sekolah Bisnis Harvard dan Universitas Stanford mengungkapkan bahwa kebanyakan bekerja, sama berbahayanya dengan menjadi perokok pasif.
Stres akibat kebanyakan bekerja akan menurunkan tingkat kesehatan hingga 50%, bahkan menurunkan angka harapan hidup hingga 20%. Oleh karena itu, jika telah waktunya untuk istirahat, manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Itulah tadi 5 fakta menarik tentang jam istirahat kerja yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Semoga info di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi anda. (Fin)
Sumber berita ini diambil dari blog.kulina.id
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait