bjb

Inilah Momnesia Yang Sering Terjadi Pada Ibu Hamil

JABARNEWS | BANDUNG - Perubahan hormon dalam masa hehamilan dapat berubah secara drastis. Hal inilah yang dapat menyebabkan annda mengalami beberapa perubahan, muali dari segi fisik hingga perubahan mood.

Menurut psikolog asal The Australian National University, Helena Christensen, PhD mengungkapkan bahwa salah satu dampak dari perubahan hormon ialah penurunan kemampuan daya ingat ibu hamil. Kondisi ini dikenal dengan sebutan momnesia.

Umumnya momnesia terjadi pada trimester pertama dan ketiga, akan tetapi apa sebenarnya penyebab dan bagaimana cara mengatasi momnesia? Berikut penjelasannya.

Penyebab Momnesia
Momnesia adalah suatu penurunan kemampuan daya ingat seseorang ketika sedang hamil. Kondisi ini terbilang normal dan sering menimpa perempuan hamil. Penyebabnya biasanya terjadi karena anda terlalu sibuk, kelelahan, kurang tidur dan juga stres. Menurut Jane Martin, MD, selaku dokter kandungan di Mount Sinai Medical Center New York, ketika jam tidur berkurang dan tidak berkualitas, maka kemampuan memori seseorang pun akan ikut menurun.

Perlu anda ketahui, pada saat hamil, sekitar 15% sampai 40% hormon progesteron dan estrogen pada perempuan akan ikut menurun, yang akhirnya akan menyebabkan anda menjadi sangat sensitif serta mudah tersinggung. Pada saat hamil maka hormon oksitosin yang berfungsi memperkuat dinding, jadi melonjak. Hal inilah yang menyebabkan kinerja neuron pada otak menjadi tidak stabil dan melemahkan sistem memori seseorang.

Gejala Yang Akan Dialami
Gejala paling umum yang sering terjadi adalah anda sangat mudah lupa dan sulit mengingat hal kecil sekalipun. Menurut Donnica Moore, MD, selaku dokter sekaligus psikolog, salah satu contoh sederhananya yaitu, anda masuk dalam sebuah ruangan dan ingin mengambil barang yang rasanya tertinggal. Namun ketika masuk, anda tiba-tiba lupa dan tidak dapat mengingatnya sama sekali. Bahkan ibu hamil bisa masuk dan keluar kembali ke ruangan yang sama sebanyak 5 sampai dengan 10 kali hanya untuk mengingatnya.

Cara Pertajam Daya Ingat
Umumnya ingatan ibu hamil akan kembali normal setelah melahirkan. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan melemahnya memori dalam jangka panjang. Menurut dokter kandungan asal Weill Cornell Medicine, New York, Geeta Sharma mengungkapkan, sebaiknya lakukan beberapa trik ini untuk membantu mempertajam daya ingat selama kehamilan, diantaranya:

  • Membuat catatan penting seperti daftar belanja, jadwal pertemuan hingga daftar pekerjaan harian.

  • Pastikan pula agar anda mendapatkan jam tidur yang cukup dan juga berkualitas, minimal 7 jam istirahat.

  • Pada sela-sela pekerjaan, anda dapat beristirahat sejenak minimal 1 jam untuk tidur.

  • Letakan barang-barang penting seperti dokumen, kunci mobil, kunci rumah dan jam tangan di tempat-tempat yang terlihat untuk memudahkan saat mencari.

  • Sangat disarankan untuk konsumsi jenis makanan seperti buah dan sayur yang kaya akan serat dan air untuk memperlancar sirkulasi darah menuju otak.

  • Lakukan olahraga hamil yang mampu merelaksasi otak serta pikiran, sehingga anda tidak mudah stres.


Itulah tadi penjelasan tentang momnesia yang mungkin baru anda ketahui selama ini. Semoga info yang telah kami rangkum dapat bermanfaat bagi anda. Tetap jalani hidup sehat termasuk mengatur jam tidur sebaik mungkin. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari dailymail.co.uk

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi