Nutrisi Dalam Buah Ini Baik Bagi Ibu Hamil

JABARNEWS | BANDUNG – Asupan gizi pada masa kehamilan haruslah sangat diperhatikan. Tak hanya akan berdampak pada kesehatan ibu hamil, namun juga bagi sang calon buah hati.

Ada berbagai macam buah dan sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil, termasuk diantaranya adalah buah kiwi.

Buah yang berwarna hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang cocok untuk ibu hamil serta janin. Apa sajakah nutrisi yang terkandung dalam buah kiwi? Berikut dibawah ini ulasannya.

Antioksidan

Antioksidan pada buah kiwi dapat membantu melindungi DNA dan RNA pada janin. Selain itu, kandungan ini bermanfaat melawan radikal bebas pada ibu hamil dan janin supaya tetap sehat. Sel yang rusak karena radikal bebas juga akan diperbaiki oleh antioksidan dalam buah kiwi. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi pun dapat mencegah timbulnya sel kanker.

Baca Juga:  Aktivis Pemuda Cianjur Ini Ajak Pemilih Pemula Tolak Kampanye Hitam

Asam Folat

Kandungan ini amat penting untuk perkembangan sistem saraf dan pertumbuhan sel. Bila janin kekurangan asam folat, maka risiko cacat lahir seperti spina bifida-kelainan tabung saraf yang menyebabkan kondisi tulang belakang bayi tidak terbentuk dengan semestinya—dapat meningkat. Center for Disease Control and Prevention menyarankan ibu hamil harus mengonsumsi kurang lebih 400 mikrogram asam folat per harinya. Dengan mengonsumsi satu buah kiwi, Amaka anda akan mendapatkan 10 % dari kebutuhan asam folat per harinya.

Gula Alami

Kandungan gula alami pada buah kiwi ternyata memiliki peranan yang cukup unik. Gula alami tersebut dapat membantu anda mengendalikan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis yang jauh dari kata sehat.

Baca Juga:  Mengenal Tumbuhan Alfalfa Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah kiwi memiliki indeks glikemik ukuran seberapa cepat makanan diproses menjadi gula darah yang rendah. Dengan kata lain, hormon insulin mampu mengontrol kadar gula darah didalam tubuh selama kehamilan agar tetap stabil dan tidak melonjak.

Sumber Prebiotik

Sembelit atau susah buang air kerap kalai terjadi saat masa kehamilan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda dapat mengonsumsi buah kiwi karena mengandung prebiotik yang baik bagi ibu hamil. Prebiotik dapat menghasilkan enzim dan serat yang membantu mengatasi diare, maag, mual, hingga nyeri perut.

Vitamin C

Kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C. Selama masa kehamilan, vitamin C sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta memproduksi kolagen. Ibu yang sedang hamil membutuhkan kolagen untuk mencegah munculnya selulit pada bagian perut.

Baca Juga:  Nah Loh, Kerangka Layangan Kerap Ganggu Pasokan Listrik di Bekasi

Vitamin K

Vitamin K pada buah kiwi memiliki peranan untuk pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka. Sehingga, dengan mengonsumi vitamin K pada masa kehamilan, maka akan berguna untuk proses melahirkan yang disertai dengan pendarahan. Tidak hanya itu, vitamin K pun dapat menjaga kekuatan tulang ibu hamil.

Itulah tadi nutrisi dalam buah kiwi yang baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat