Insomnia? Inilah Penyebab Dan Solusinya

JABARNEWS | BANDUNG – Jika anda sedang mengalami insomnia atau susah tidur, maka anda harus kenali terlebih dahulu penyebabnya sebelum mencari solusinya.

Hal ini mutlak diperlukan jika anda ingin cepat tertidur dengan durasi yang cukup, sehingga anda dapat terbangun dengan segar di keesokan harinya. Insomnia memang dapat mengganggu siapa saja baik tua maupun muda, pria dan juga wanita. Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman, insomnia pun dapat berpotensi merusak kesehatan jika terjadi secara berkepanjangan.

Berikut beberapa hal yang perlu anda cermati, manakah dari sekian banyak penyebab di bawah ini yang mungkin membuat anda sulit tidur. Lalu, temukan solusi dari masing-masing penyebab insomnia, diantaranya yaitu:

Khawatir

Tanpa anda sadari, rasa khawatir kerapkali ada dalam pikiran dan membuat seseorang tetap terjaga. Ada banyak hal yang dapat membuat kita khawatir, misalnya “jam berapa sekarang ini? Mengapa orang lain sudah ngorok, sedangkan aku masih belum tidur juga?” Percaya atau tidak, terus-menerus melirik ke arah jam pun dapat menjadi penyebab anda mengalami insomnia.

Maka dari itu, coba balikkan jam meja menghadap dinding, atau letakkan di bawah ranjang untuk mencegah anda memeriksa waktu terus-menerus.

Gelisah

Entah karena apa, malam itu anda jelas tidak bisa terlelap cepat seperti biasanya. Anda hanya bergolak ke sana kemari untuk berusaha tidur. Lain halnya jika hal semacam itu terjadi lagi, segeralah bangun dari tempat tidur jika anda belum terlelap juga selama 15 menit. Lakukanlah kegiatan ringan yang dapat membuat anda bosan seperti membaca buku, menonton acara TV yang membosankan, atau dengan mendengarkan musik.

Baca Juga:  Keren! Ribuan Mahasiswa Baru IPB Pecahkan Rekor Dunia Lenticular Picture

Setelah rasa kantuk mulai datang, hentikan aktivitas, dan naiklah ke ranjang untuk tidur. Hindari melakukan aktivitas berat seperti menghitung pengeluaran dan pemasukan, karena kegiatan yang menggunakan pikiran ini justru akan membuat anda semakin melek.

Cahaya Terang

Tidur di bawah lampu menyala ternyata juga dapat membuat beberapa orang susah terlelap. Tentu saja dengan mematikan atau meredupkan cahaya kamar akan menjadi solusinya, namun jika anda harus berbagi kamar dengan orang lain yang takut akan kegelapan, maka coba kenakan kacamata tidur untuk mengatasinya.

Suara Bising

Jika orang lain dapat tetap tertidur di tengah suara bising, anda mungkin berbeda. Hal itu tak mengapa dan masih normal karena banyak juga yang mengalaminya. Cara mengatasinya adalah dengan berusaha meredam suara bising tersebut, entah dengan menutupi telinga menggunakan bantal, mematikan TV maupun radio, meminta orang lain untuk berbicara lebih pelan, atau memilih kamar yang jauh dari sumber kebisingan (salah satunya jalan raya yang sering dilewati kendaraan).

Kepikiran

Memikirkan apa-apa yang harus dibawa atau dilakukan esok hari juga menjadi salah satu penyebab susah tidur malam yang kerap dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasinya, maka ada baiknya sebelum tidur atau usai makan malam, anda selalu menyiapkan semua keperluan yang harus dibawa esok hari dan jangan lupa untuk mencatat juga hal-hal apa yang harus dilakukan dan yang belum diselesaikan, agar itu semua tidak mengganggu pikiran anda saat tidur nanti.

Baca Juga:  Nasi Pampis by Dapur Teteh, Ada yang Berani Coba?

Jam Tidur Tidak Teratur

Jam tidur yang tidak teratur ternyata dapat merusak jam biologis tubuh. Tubuh menjadi kesulitan mendeteksi jam tidur anda. Oleh sebab itu, baik weekend maupun weekday ada baiknya anda tetap tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.

Kafein, Alkohol, Dan Nikotin

Selain dampak kafein terhadap tubuh dapat berlangsung hingga 24 jam setelah anda mengonsumsinya, zat ini pun bersifat diuretik. Ini berarti anda harus bangun beberapa kali saat malam hari hanya untuk buang air kecil. Aktivitas ini jelas menginterupsi kualitas tidur anda.

Dampak serupa juga dihasilkan oleh nikotin ataupun alkohol. Oleh karena itu, kurangi konsumsi 3 jenis stimulan tersebut khususnya beberapa jam sebelum waktu tidur.

Kualitas Baju Tidur

Kualitas baju tidur yang kurang baik pun turut berpengaruh pada kenyamanan saat anda tertidur. Ada baiknya jika anda segera mempensiunkan baju tidur yang bahannya panas, tidak menyerap keringat, dan kasar. Meski sedikit lebih mahal, belilah piyama atau baju tidur yang terbuat dari bahan katun atau sutera karena keduanya nyaman dipakai.

Kurang Berolahraga

Kurang aktif bergerak dapat menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Hal ini pun dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya insomnia. Untuk mengatasinya, tentu saja anda harus berolahraga secara teratur, hanya saja hindari melakukannya sebelum tidur.

Baca Juga:  Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Mudik Lebaran 2024 Paling Meriah Sepanjang Sejarah

Bila waktu olahraga yang anda miliki hanyalah sepulang kerja, maka batasi itu hingga 3 jam sebelum jam tidur. Berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur juga dapat menginterupsi kenyenyakan karena hormon adrenalin masih aktif. Selain itu, anda pun dapat melakukan olahrahga kecil agar membuat anda merasa lelah sehingga anda dapat dengan mudah untuk tertidur.

Kekenyangan

Sebagian orang mungkin tidak bisa tidur ketika perutnya lapar, namun ada pula yang susah tidur akibat kekenyangan. Jika anda termasuk golongan yang kedua, maka hindarilah makan atau minum sebelum tidur. Kebiasaan makan sebelum tidur tak hanya dapat membuat sistem pencernaan tetap aktif, namun juga memperburuk gangguan lambung yang mungkin sudah anda miliki sebelumnya.

Stres

Penyebab yang terakhir ini adalah sesuatu yang harus segera anda atasi. Caranya dengan melepaskan atau meredakannya. Setiap orang memiliki cara melampiaskan stresnya masing-masing mulai dari berolahraga, bergaul, yoga, mandi air hangat sebelum tidur, pijat, berdoa, hingga teknik pernafasan. Anda tinggal mencari tahu teknik mana yang paling tepat untuk anda.

Itulah tadi penyebab dan solusi untuk atasi insomnia. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari mediskus.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat