bjb

Inilah 5 Tips Menyusui Yang Sehat Bagi Ibu Menyusui

JABARNEWS | BANDUNG - Pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi akan mendatangkan manfaat yang sangat besar, begitu besar hingga seharusnya menjadi prioritas ibu dengan bayi yang baru lahir.

Tak dapat dipungkiri bahwa ASI adalah salah satu makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir. Bahkan, World Health Organization (WHO) telah merekomendasikan pemberian ASI eksklusif sekurang-kurangnya selama 6 bulan pertama usia bayi. Baru kemudian, ibu menyusui dapat melakukan pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) hingga usia bayi menginjak 2 tahun.

Agar pemberian ASI eksklusif dapat berjalan dengan lancar, maka sang ibu pun harus memperhatikan kesehatannya. Dalam banyak kasus, kesehatan ibu menyusui justru seringkali terbengkalai.

Sering merasa lapar dan kurang istirahat adalah hal yang sering dialami oleh para ibu menyusui. Namun sayangnya hal tersebut kian diperparah dengan pola makan dan pola hidup yang kurang sehat.

Untuk mengatasi rasa lapar yang seringkali mendera, sang ibu biasanya lebih memprioritaskan makan sebanyak mungkin agar tidak lagi lapar dan memiliki tenaga untuk mengurusi si kecil.

Cara makan yang yang kuarang baik inilah yang terkadang menjadi salah satu penyebab munculnya gangguan kesehatan pada ibu menyusui dan berikut di bawah ini beberapa tips untuk ibu menyusui agar kesehatannya tetap terjaga, diantaranya:

1. Menjalani Pola Makan Sehat
Dalam masa menyusui, tubuh sang ibu pun akan bekerja untuk memproduksi ASI. Oleh karena itu, suatu hal yang sangat wajar jika di masa ini seorang ibu akan cepat merasa lapar. ASI yang diserap oleh bayi telah mengambil pasokan nutrisi dan energi dari dalam tubuh ibu.

Selama proses menyusui, seorang ibu akan membutuhkan tambahan kalori ekstra sebesar 500 kilo kalori per harinya dan untuk memenuhinya, dibutuhkan menu makanan yang sehat dan juga seimbang.

Kebutuhan gizi tersebut bisa ibu dapatkan dengan cara mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan yang mengandung banyak protein, karbohidrat kompleks dan kalsium.

Ibu menyusui pun dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung santan, pedas, dan kecut. Selain karena makanan-makanan ini tidak baik bagi kesehatan ibu, makanan ini juga akan berdampak buruk bagi pencernaan bayi.

Selain itu, ibu menyusui juga harus menghindari makanan cepat saji dan minuman bersoda.

Makanan dan minuman tersebut dapat mengganggu perkembangan tubuh bayi, serta dapat mengganggu pencernaan, dan mengurangi kualitas ASI.

2. Istirahat yang Cukup
Selain urusan makan dan minum yang sehat, hal penting lain yang perlu ibu perhatikan adalah jam tidur (istirahat).

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika ibu telah melahirkan, maka semua waktu akan terkuras untuk mengurusi bayi. Terlebih lagi saat di awal kehidupannya, maka pola tidur bayi pun belum teratur.

Waktu tidur yang terganggu dapat membuat daya tahan tubuh ibu menjadi melemah. Hal ini tentunya dapat membuat ibu mudah terserang berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mendapatkan waktu istirahatnya. Tidurlah kapan pun anda bisa tidur dan waktu yang tepat untuk tidur adalah ketika bayi pun tertidur.

Sangat disarankan untuk menggunakan waktu berharga ini untuk tidak mengerjakan pekerjaan rumah atau pekerjaan lainnya.

Pada masa ini tentu dibutuhkan pengertian dan peran suami, serta anggota keluarga yang lain, agar tidak membiarkan ibu menyusui sendirian dalam mengasuh anak dan mengurus keluarga.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman Ketika Menyusui
Masalah pakaian memang seringkali terkesan sepele dan sederhana. Meski pada kenyataannya, masalah memilih pakaian pun ternyata menjadi suatu hal yang penting karena terkait dengan kenyamanan dan kesehatan sang ibu.

Bagi ibu menyusui, dianjurkan agar tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat dapat menghambat aktivitas menyusui dan akan membuat tubuh ibu lebih mudah lelah.

Pilihlah baju yang menurut anda nyaman dipakai, serta usahakan agar baju tersebut terbuat dari bahan yang memiliki daya serap tinggi agar dapat menyerap keringat dengan baik.

5. Sempatkan Untuk Olahraga
Bagi sebagian orang mungkin akan berpikir apa iya ibu menyusui bisa dan sempat untuk berolahraga?

Ibu menyusui memang tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga berat karena kondisi tubuh yang masih lemah setelah melahirkan. Akan tetapi, ibu menyusui masih ada olahraga yang cocok untuk ibu menyusui, yaitu yoga dan jogging. Kedua olahraga ini bisa dilakukan di rumah dan di sela-sela waktu menjaga anak.

Itulah tadi beberapa tips bagi para ibu menyusui yang mungkin dapat anda aplikasikan. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari duniabayi.co.id

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi