bjb
itcbet

Rumah Desa Sehat, Desa Daulat Sehat

JABAR NEWS | JURNAL – Berkembangnya paradigma pembangunan yang berpusat sumber daya manusia (People Centered) merupakan koreksi terhadap paradigma pembangunan yang hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi (economic growth) dan juga paradigma kesejahteraan (welfare).

Pembangunan kualitas sumber daya manusia dengan indikator IPM (Indeks Pembangunan Manusia), PQLI (Physical quality of life index) dan lainnya harus dapat mengimbangi orientasi pembangunan yang hanya berfokus pada tujuan makro-ekonomi seperti Produk Nasional Bruto (PDB).



Demikian pula halnya dengan paradigma pembangunan kesejahteraan yang identik dengan berbagai upaya government transfer seperti bantuan langsung tunai, program raskin dan berbagai subsidi lainnya harus dapat bertransformasi menjadi penguatan kemandirian masyarakat melalui peningkatan kualitas hidup khususnya pada sektor pendidikan dan kesehatan yang merupakan komponen yang mendasari kualitas hidup manusia.

Khusus dalam bidang kesehatan, proses pembangunannya masih harus dihadapkan pada berbagai macam permasalahan dan tantangan baik dari sisi kualitas, kuantitas dan keterjangkauan layanannya oleh masyarakat.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi