RSWIA RBC, Pelayanan Kesehatan Berbasis Wakaf

JABARNEWS | BANDUNG – Sinergi Foundation akan membangun Rumah Sakit Wakaf Ibu dan Anak (RSWIA) Bersalin Cuma-Cuma (RBC). Peletakan batu pertama rumah sakit yang berlokasi di Jln. Raya Soreang, Kabupaten Bandung itu dilakukan Sabtu (14/04/2018).

CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia, mengatakan, pendirian RSWIA RBC ini dilatarbelakangi pemikiran, masih tingginya angka kematian ibu dan anak.

Baca Juga:  Yuk Bikin Es Ciming, Minuman Segar Asal Kabupaten Purwakarta

“Rumah sakit ini berbasis wakaf yang mengkhususkan pasien di kalangan dhuafa. Mengapa wakaf? Sebab jika menilik sejarah peradaban Islam, wakaf memiliki tempat yang strategis,” katanya, saat ditemui di Jln. Dr. Djunjunan No. 199 B, Kota Bandung, Kamis (12/4/2018).

Lanjutnya, proses pelayanan kesehatan di RSWIA RBC melalui prosedur sistem scoring dan verifikasi dalam mendaftar.

Baca Juga:  Nani Wijaya Tutup Usia, Ucapan Dukacita Menggema di Media Sosial

“Untuk pendaftaran, kita memberlakukan sistem scoring. Selain itu ada syarat administrasi dan verifikasi tempat tinggal. Untuk selanjutnya kita akan berikan pelayanan kesehatan gratis selama setahun penuh,” jelas Ima.

Rencananya, RSWIA RBC akan dibangun setinggi tiga lantai serta akan diselesaikan dengan waktu tiga tahun. Dana wakaf yang akan dikumpulkan sekitar Rp. 15 miliar dengan dibantu oleh tiga dokter spesialis dan 43 SDM bidan.

Baca Juga:  Ini Prakiraan Cuaca Rabu 9 Januari 2019

Di tempat yang sama, Manager Operasional RBC, Dewi Noor Ainy berharap rencana pembangunan RSWIA RBC dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, berkhidmat, dan menebar manfaat pada sesama, terutama pada dhuafa,” harapnya. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat