Warna Piring Dapat Pengaruhi Program Diet Anda

JABARNEWS | BANDUNG – Keberhasilan saat melakukan program diet dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dan salah satunya dapat pula dipengaruhi oleh warna piring yang anda gunakan untuk menyajikan santapan.

Studi yang dilakukan oleh Dr. Brian Wansink dan Dr. Koert Van Ittersum menyelidiki adanya ilusi optik Delboeuf dari warna makanan dan piring yang kontras. Pada tahun 1865, ilmuan Belgia telah menemukan ilusi Delboeuf yang membuat anda mengambil makanan lebih banyak dari yang disadari.

Tahun 2006 silam, sebuah penelitian dengan topik piranti makan untuk diet diterbitkan dengan judul ‘Kesalahan Lempeng Besar!’. Wansink dan Van Ittersum kemudian meneliti efek lain yang mungkin dari ilusi atas perilaku penyajian makanan melalui serangkaian percobaan. Percobaan ini mengeksplorasi efek kontras piring dan makanan serta antara peralatan makan dengan taplak meja. Kedua ilmuan ini berusaha menggabungkan efek dari ukuran piring dan kontras warna antara makanan dengan piring, efek perhatian dan pendidikan mengenai ilusi Delboeuf.

Dalam percobaannya, Wansink dan Van Ittersum mengatur penelitian dalam sebuah temu reuni perguruan tinggi di New York. Sejumlah 60 subjek penelitian dibagi dan diarahkan ke meja yang menyajikan pasta dengan dua jenis saus yang berbeda yakni tomat (merah) dan alfredo (putih). Setelah itu, kuantitas pasta dalam piring ditimbang dengan alat pengukur tertentu.

Baca Juga:  Inilah 8 Tandanya Jika Ternyata Pekerjaan Anda Tidak Cocok

Hasil dari penelitian ini mengkonfirmasi hipotesis Wansink dan Van Ittersum bahwa subjek teliti yang mengambil makanan diatas piring berwarna dengan kontras rendah (piring putih mengambil pasta alfredo atau piring merah mengambil pasta tomat) ternyata 30% atau 42 gram lebih banyak mengambil pasta. Hasil ini telah dibandingkan dengan subjek penelitian yang mengambil makanan di atas piring dengan warna kontras tinggi (piring merah mengambil pasta alfredo atau piring putih mengambil pasta tomat).

Baca Juga:  Komisi II DPRD Jabar Harap KPED Mampu Jadi Penunjang Pemulihan Ekonomi

Penelitian tersebut juga menemukan adanya fakta menarik bahwa mengurangi kontras warna antara peralatan makan dengan taplak meja membantu mengurangi over-serving hingga 10%. Wansink dan Van Ittersum juga menegaskan bahwa semakin besar diameter piring maka semakin kecil orang merasakan porsi yang disajikan di atasnya. Temuan ini sangat berguna untuk pengetahuan anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan sehingga memengaruhi kesadaran dan membantu memilih piranti makan terbaik.

Baca Juga:  Lolos Seleksi CPNS 2018, Gaji PNS Terendah Rp 1,4 juta

Mengaplikasikan temuan ini dalam program diet anda memang tidak menjamin keberhasilannya 100% tetapi tentunya sangat membantu untuk mendorong anda mencapai hasil yang diinginkan. Pilih piring yang memiliki warna kontras dengan apa yang anda santap atau akali dengan mengganti warna taplak meja anda. Selain itu, simpan terlebih dahulu piranti makan berukuran lebar dan gunakan piring atau mangkuk dengan ukuran lebih mungil untuk menghindari over-serving.

Itulah tadi penjelasan ilmiah mengenai korelasi warna piring dengan keberhasilan program diet yang sedang anda jalani. Semoga info di atas bermanfaat bagi anda. (Fin) 

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat