bjb

Inilah Masalah Perut Yang Bisa Diatasi Dengan Permen Karet

JABARNEWS | BANDUNG - Mungkin akan terdengar andeh bagi anda, namun permen yang bertekstur lengket dan dapat membentuk gelembung udara ini ternyata memiliki manfaat yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

Berikut di bawah ini adalah manfaat dari permen karet yang ternyata dapat mengatasi masalah perut yang mungkin sedang anda alami saat ini, diantaranya:

Hentikan Mual
Apakah anda sering mengalami perut mual dan mabuk perjalanan? Mungkin anda memiliki lambung yang sensitif sehingga perlu bantuan obat penenang ketika menempuh perjalanan. Baru-baru ini sebuah penelitian menunjukan adanya fakta bahwa mengunyah perman karet ternyata lebih efektif dibandingkan dengan obat mual terkemuka. Bahkan, permen karet pun digunakan oleh peserta dalam sebuah penelitian yang memiliki rasa sakit pasca operasi mengaku lebih nyaman dibandingkan dengan mengonsumsi obat anti-mual. Dokter membenarkan apabila permen karet seringkali diresepkan oleh ahli bedah kolorektal guna membantu pasien merangsang sistem pencernaan mereka setelah operasi usus besar. Permen karet merupakan alternatif yang eknomonis sekaligus memiliki efek samping yang relatif rendah.

Pertahankan Asam Lambung
Kabar baik bagi anda yang memiliki penyakit maag, karena anda dapat menggunakan permen karet yang bekerja secara medis memengaruhi refluks asam dalam lambung. Refluks asam terjadi ketika asam lambung tersumbat di area esofagus yang menghubungkan tenggorokan ke perut. Ketika mengalami refluks asam, anda akan merasakan sensasi terbakar sehingga perut terasa tidak nyaman. Jurnal penelitian dari Dental Research mengungkapkan adanya fakta permen karet menyebabkan air liur menjadi lebih basa dan menelan dengan intensitas yang lebih sering. Oleh karena itu, asam dapat dinetralkan dan peradangan berkurang sehingga menenangkan bagian dalam esofagus.

Obati Konstipasi
Mengalami sembelit sangat menjengkelkan, namun mengobati dengan obat pencahar bukanlah solusi yang bijak karena efek samping yang membuat perut anda akan terasa nyeri. Permen karet ternyata berguna dalam mengatasi susah buang air besar karena merangsang gerakan usus dan meningkatkan produksi cairan di dalam lambung. Menurut studi di PubMed, permen karet dapat mencegah masalah yang terjadi pada pasien pasca operasi ketika makan atau minum. Ini merajuk pada saran ahli bedah yang meresepkan permen karet dalam mengurangi rasa sakit tekanan otot perut.

Selain bermanfaat untuk mengatasi masalah perut, permen karet pun mampu mempertahankan berat badan anda.  Anda mungkin akan tergoda dengan kudapan manis atau camilan ringan seperti cokelat dan keripik kentang yang tinggi kalori hanya karena ingin mengunyah, bukan rasa lapar. Namun, bagi anda yang bermasalah dengan kenaikan berat badan dapat mengunyah permen karet sebagai alternatif.

Permen karet memotong jumlah kalori yang masuk dalam tubuh anda tetapi tetap memberikan sinyal ke otak bahwa anda telah memakan sesuatu untuk meredamkan rasa lapar. Ini berarti, keinginan anda untuk mengonsumsi camilan akan berkurang secara efektif. Studi medis yang memperkuat anggapan ini diteliti oleh University of Rhode Island yang menunjukan bahwa menggigit permen karet dapat membantu menekan nafsu makan hingga 67%.

Itulah tadi manfaat dari permen karet bagi kesehatan tubuh anda dan semoga info di atas bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari rd.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi