bjb

Konsumsi Ini Jika Nyeri Saat Menstruasi Datang Menghampiri

JABARNEWS | BANDUNG - Rasa nyeri atau kram saat menstruasi menjadi salah satu keluhan yang umum dialami oleh para perempuan saat menstruasi.

Hal ini dapat berdampak serius, karena ada beberapa perempuan yang kehilangan pekerjaannya karena sering absen sakit dan memperburuk efektivitas hidup mereka.

Dr. Bindiya Gandhi, M.D., seorang dokter bersertifikat American Board Family Medicine mengungkapkan, banyak perempuan yang tidak sadar bahwa mereka menyantap makanan yang akan meningkatkan nyeri menstruasinya terutama di sekitar waktu siklus menstruasi. Umumnya dokter akan meresepkan obat nyeri untuk mengurangi rasa sakit, namun ternyata ada pengobatan secara alami yang ampuh untuk mengatasinya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa daftar nutrisi serta makanannya untuk meredakan nyeri menstruasi, diantaranya:

Magnesium
Kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan masalah tidur, meningkatkan kecemasan, sakit kepala, dan kram nyeri menstruasi. Magnesium membantu mengendurkan otot-otot rahim. Makanan yang kaya akan magnesium adalah kacang mete, kacang kedelai, bayam, dan almond. Cobalah untuk menggabungkan beberapa makanan tersebut ke dalam menu makanan sehari-hari anda selama menstruasi, dipastikan rasa nyeri akan mulai membaik.

Lemak Baik
Ada baiknya anda menggabungkan diet anti-inflamasi atau diet mediterania—diet yang kaya akan omega 3—ke dalam gaya hidup anda. Dengan mengonsumsi suplemen pun ternyata dapat memberikan lemak baik. Asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan siklus menstruasi. Omega 3 dapat diperoleh dari memakan dua hingga tiga porsi ikan salmon, sarden, dan haring yang dapat dinikmati dengan sayuran hijau, biji-bijian, bahkan telur.

Vitamin E
Vitamin E adalah suplemen yang bagus untuk masuk ke dalam daftar anda. Kandungan vitamin E membantu menyeimbangkan hormon dan aliran darah menstruasi serta meredakan nyeri haid. Cobalah untuk menggabungkan makanan yang kaya akan vitamin E beberapa hari sebelum siklus sindrom menstruasi seperti kram, merasa cemas, dan gejala lainnya terjadi. Makanan yang tinggi akan vitamin E termasuk almond, biji bunga matahari, bayam, brokoli, dan tauge. Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan.

Semua Vitamin B
Daging babi tanpa lemak, ikan, kacang kering, kacang polong, dan sereal yang diperkaya—semua vitamin B—dapat membantu meringankan gejala-gejala nyeri otot, kram, dan kelelahan yang menjadi sindrom pramenstruasi.

Itulah tadi beberapa daftar nutrisi serta makanan yang ampuh untuk meredakan nyeri saat menstruasi. Semoga info di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi