bjb

Kulit Terasa Gatal Jangan Langsung Digaruk, Ini Alsannya

JABARNEWS | BANDUNG - Diantara kita mungkin ada yang menggaruk kulit ketika rasa gatal menghampiri. Menggaruk area yang gatal merupakan cara instan yang dilakukan banyak orang.

Gatal merupakan masalah pada kulit yang dapat menyerang siapa saja dan penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari gigitan serangga, stres dan alergi terhadap makanan atau produk kecantikan.

Namun tahukah anda jika gatal pada kulit tidak boleh digaruk karena menimbulkan banyak dampak negatif? Berikut di bawah ini adalah beberapa alasannya, diantaranya:

Bakteri Pada Jari Dan Kuku
Jari dan kuku tanpa disadari menyentuh banyak benda yang terdapat banyak bakteri dan kuman. Benda tersebut misalnya uang, laptop, bahkan bantal dan telepon genggam. Dengan menggaruk bagian yang gatal menggunakan kuku maka risiko kulit mengalami iritasi semakin besar.

Makin Terasa Gatal
Pernahkan anda menggaruk tetapi malah membuat merasa semakin gatal? Hal ini dikarenakan menggaruk area yang gatal akan membuat otak melepaskan hormon serotonin, pembawa sinyal antarjaringan saraf. Menurut, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Washington di St. Louis, Amerika Serikat, hormon ini yang malah akan meningkatkan rasa gatal tersebut.

Memperparah Iritasi
Saat gatal menyerang, berarti lapisan atas kulit anda sedang mengalami kerusakan. Hal tersebut mengakibatkan kulit cenderung lebih kering, sensitif dan mudah iritasi. Kondisinya akan bertambah parah saat digaruk terus-menerus. Kulit yang sensitif dan digaruk terus-menerus akan menyebabkan lecet dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Kuman Akan Lebih Mudah Masuk
Kulit yang lecet akibat digaruk terus-menerus akan terbuka dan menjadi pintu masuk untuk kuman. Selain memperparah iritasi, kuman juga dapat menyebabkan infeksi dan masalah lain, tidak hanya untuk kulit namun juga untuk tubuh anda.

Lalu bagaimana cara untuk meredakan rasa gatal jika tidak boleh digaruk? Ada beberapa ramuan alami yang dapat meredakan rasa gatal, salah satunya dengan air dingin.

Suhu dingin akan memengaruhi saraf penyebab gatal dan terkadang mampu melambatkannya sehingga meredakan gatal. Mengusapkan air dingin ke kulit yang gatal dapat membantu mengurangi intensitasnya. Caranya mudah, nyalakan keran air dingin untuk membasahi kulit yang gatal. Anda pun dapat menempelkan waslap dingin ke permukaan kulit hingga gatal-gatal mereda.

Cara lainnya adalah dengan mandi atau berendam air dingin, terutama jika area kulit yang gatal cukup luas. Selain itu, kantong es pun merupakan pilihan yang bagus. Anda bisa membeli kantong es komersial di sebagian besar toserba dan apotek. Selalu balut kantong es terlebih dahulu dengan handuk atau waslap, serta jangan pernah tempelkan secara langsung ke permukaan kulit. Jika tidak ada kantong es, anda bisa memasukkan es batu ke dalam kantong plastik atau menggunakan sayuran beku seperti kacang polong sebagai gantinya.

Nah, itulah tadi mengapa kita tidak boleh langsung menggaruk kulit gatal yang mungkin dapat menjadi info penting bagi anda. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan selamat menikmati hari libur anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi