bjb

Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika Menggunakan Earphone

JABARNEWS | BANDUNG - Bagi sebagian orang, mendengarkan musik menggunakan earphone adalah suatu hal untuk menghilangkan kebosanan, baik itu saat berada di tengah kemacetan ataupun saat di tempat kerja. Namun di sisi lain, kebiasaan ini justru dapat mengganggu kesehatan anda. Tak hanya itu, hal ini pun dapat mengancam keselamatan seseorang jika anda terus memakainya dengan volume yang begitu kencang saat berkendara.

World Health Organization (WHO) telah memeringatkan bahaya terlalu sering menggunakan earphone dalam volume tinggi. Terdapat lebih dari 1,1 miliar orang berusia 12 – 35 tahun berisiko mengalami gangguan pendengaran akibat kebiasaan tersebut. Mereka menyebutkan, pada tahun 1994 sebanyak 3,5 persen remaja terkena gangguan pendengaran dan mengalami peningkatan sebesar 5% di tahun 2006. Bahkan hingga saat ini, penderita gangguan pendengaran terus meningkat setiap tahunnya

Menurtu WHO, telinga memiliki batasan mendengarkan suara keras. Kerusakan gendang telinga akan terjadi dalam jangka panjang jika sudah melebihi 80 desibel. Sedangkan kerusakan jangka pendeknya ada pada titik 130 desibel, ketika anda mendengarkan musik dalam volume keras setiap hari menggunakan earphone, maka gelombang yang dihasilkan sebesar 100 desibel dan akan berisiko sangat buruk bagi kesehatan pendengaran.

Menggunakan earphone pada saat menelpon batas volume masih diperbolehkan mencapai 60%. Namun, jika anda mendengarkan musik dengan volume mencapai 85% hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen setelah menggunakannya selama 8 jam setiap hari.

Oleh karena itu, WHO merekomendasikan setidaknya anda mendengarkan musik menggunakan earphone maksimal satu jam dalam sehari dengan volume suara paling tinggi 60%.

Disamping itu, memilih earphone yang berkualitas tinggi sangatlah dianjurkan. Seorang ilmuwan investigasi MRC Institute of Hearing Research di Glasgow, Owen Brimijoin, mengatakan bahwa setidaknya apabila anda membeli headset, earphone ataupun headphone, belilah yang benar-benar berkualitas tinggi atau berkualitas baik. Yang murah tidak akan mentransmisikan bass dengan baik. Ketika anda meningkatkan volumenya, maka akan meningkatkan frekuensi suara hingga berbahaya bagi pendengaran. 
Earphone yang murah tidak disarankan karena akan membawa efek buruk bagi telinga anda. Terlebih lagi ketika anda membesarkan volumenya sampai maksimal yang akan merusak pendengaran anda hanya dalam 4 menit, dan banyak anak muda tidak menyadari bahwa kerusakan tersebut bisa jadi permanen.
Jadi alangkah lebih baik ketika sudah memiliki earphone yang berkualitas tinggi, jangan lupa juga untuk memperhatikan cara penggunaannya, seperti berapa lama menggunakannya dan seberapa besar volumenya. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda agar terhindar dari gangguan pendengaran yang dapat ditimbulkan dari penggunaan earphone. (Fin)
Simber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi