Tak Hanya Wortel, Buah Salak Pun Baik Bagi Kesehatan Mata

JABARNEWS | BANDUNG – Mata menjadi salah satu organ yang paling rentan terkena gangguan jika tidak dijaga adalah mata. Banyak orang menderita gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silinder. Gangguan penglihatan itutentunya akan mengganggu aktivitas karena akan berketergantungan dengan alat bantu penglihatan seperti kacamata ataupun kontak lens.

Gangguan penglihatan dapat disebabkan oleh gaya hidup zaman sekarang yang aktivitasnya hampir dilakukan dengan gadget. Pancaran cahaya layar gadget membuat kerja otot dan retina mata lebih keras sehingga indera penglihatan cepat lelah. Selain itu menurut Melanie A Schmitt, dokter spesialis mata dari Universitas Wisconsin Amerika Serikat, saat mata bekerja melihat gadget dengan jarak dekat, maka otot-otot kecil akan bekerja dengan mengubah lensa mata sehingga membuat kerja mata menjadi semakin berat.

Baca Juga:  Pilkada 2020, Polri: Gakkumdu Temukan 3.800 Pelanggaran

Menjaga penglihat mata ada banyak cara, salah satu caranya dengan mengonsumsi buah salak. Nyatanya banyak sekali kandungan gizi di dalamnya. Bahkan selain mengandung banyak gizi, buah salak juga dapat mengurangi atau mengobati beberapa penyakit seperti diare.

Salah satu dari banyak antioksidan yang ditemukan pada buah salak adalah betakaroten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Akibatnya, mata akan terlindungi dari kerusakan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah salak dan buah atau sayur lainnya yang mengandung betakaroten, penyakit mata seperti katarak, glaukoma dan degenerasi makula yang dapat mengorbankan penglihatan anda dapat dihindari.

Baca Juga:  Ternyata Inilah 3 Makanan Yang Membuat Kulit Lebih Berminyak

Penelitian juga dilakukan oleh Nurfi Afriasyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Ia mengatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding yang ada pada mangga, 3 kali dibandingkan jambu biji dan 5 kali ketimbang semangka merah.

Ini menjadi pilihan lain untuk siapa saja yang ingin menjaga agar mata tetap sehat. Buah salak juga menyehatkan pencernaan karena beserat tinggi dan mampu menjaga imun tubuh. Namun mengonsumsi terlalu banyak buah salak dalam sehari akan berdampak semblit atau susah buang air besar. Jadi, tetap konsumsi buah dan sayur yang bervariasi.

Baca Juga:  64 Klub SSB Rebutkan Piala Pangdam V Brawijaya

Itulah tadi manfaat yang terkandung dalam buah salak yang mungkin selam ini belum anda ketahui dan semoga dengan ulasan di atas, anda dapat lebih menjaga kesehataan mata. (Fin) 

Sumber berita ini diambil dari healthybuilderz.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat