bjb

Hindari Beberapa Buah Ini Saat Anda Hamil

JABARNEWS | BANDUNG - Seiring dengan berubahnya penampilan fisik yang dialami oleh wanita hamil, maka sistem imun di dalam tubuh akan ikut berubah dan cenderung melemah. Hal tersebutlah yang akan menyebabkan ibu hamil rentan terkena beragam penyakit, baik karena faktor internal atau eksternal, termasuk dengan makanan yang anda konsumsi.

Tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, karena justru dapat menyebabkan beberapa risiko seperti kontraksi lebih awal hingga permasalahan dalam janin. Berikut di bawah ini adalah beberapa macam buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, diantaranya:

Pepaya Muda
Pepaya muda mengandung banyak lateks atau getah kental yang dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Mengonsumsi buah pepaya muda secara berlebihan mampu menyebabkan persalinan lebih awal yaitu kurang dari 37 minggu. Makanan ini wajib anda hindari terutama ketika kehamilan sudah memasuki trimester ketiga menjelang persalinan. Sebaiknya anda mengonsumsi pepaya matang yang sudah berwarna jingga, karena banyak mengandung vitamin C, kaya akan nutrisi, hingga membantu mengurangi sembelit pada ibu hamil.

Nanas
Mungkin anda sudah sering mendengar jika buah nanas tidak baik untuk perempuan hami. Alasannya adalah, senyawa bromelain yang kuat di dalam buah nanas dapat menyebabkan pelunakan pada bagian serviks yang dapat memicu terjadinya kontraksi dini. Meski kaya akan cairan dan vitamin C, anda tetap harus menghindari segala jenis nanas baik yang telah diolah sebagai jus atau memakannya secara utuh.

Saat hamil, maka sistem imun di dalam tubuh akan ikut berubah dan cenderung melemah. Hal ini yang menyebabkan anda rentan terkena beragam penyakit, baik karena faktor internal atau eksternal, termasuk dengan makanan yang anda konsumsi.

Anggur
Bahaya tidaknya buah anggur sebenarnya masih terbilang kontroversial, karena pada satu sisi makanan ini memiliki banyak nutrisi, vitamin A dan C yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun, buah anggur ternyata paling banyak mengandung pestisida. Jika anda ingin mengonsumsi buah ini, sebaiknya cuci secara bersih dan hindari segala jenis anggur yang telah melewati proses fermentasi menjadi minuman, karena memiliki kandungan alkohol tinggi dan tidak baik untuk ibu hamil.

Semua Jenis Buah Yang Tidak Dicuci
Perlu anda ingat, hindari semua jenis buah yang tidak melewati proses pembersihan sebelum dikonsumsi. Buah banyak mengandung pestisida yang dapat menyebabkan infeksi dan toksoplasmosis pada ibu hamil, hingga mengakibatkan keguguran. Cucilah menggunakan sabun khusus dan air mengalir untuk memastikan bahwasemua zat kimia larut dalam air.

Itulah tadi beberapa macam buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Sangat disarankan untuk tetap menerapkan menu sehat dan seimbang yang kaya gizi, vitamin, dan mineral. Semoga info di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda.  (Fin)

Sumber berita ini di ambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi