Inilah Segudang Manfaat Daun Balakacida Bagi Kesehatan Wanita

Daun Balakacida.

JABARNEWS | BANDUNG – Tanaman yang memiliki nama ilmiah Chromolaena Odorata ini memang tak seterkenal daun-daun lainnya. Chromolaena Odorata atau sering disebut dengan balakacida ini adalah salah satu jenis tanaman gulma atau pengganggu yang berasal dari family asteraceae. Adapun ciri daunnya berbentuk oval dan bergerigi di bagian tepinya tidak hanya itu daunnya memiliki tekstur sedikit kasar berbeda dengan jenis dedaunan pada umumnya, tanaman ini juga memiliki bunga dan akan berbunga di setiap musim kemarau.

Pertumbuhannya yang sangat cepat terutama karena mendapatkan asupan sinar matahari cukup, akan sangat sulit tumbuh jika ditempatkan di tempat yang tidak memiliki pencahayaan cukup. Karena pertumbuhannya yang sangat cepat, tanaman balakacida ini dapat merusak tanaman budidaya, sehingga dapat merugikan para petani. Maka tak heran, daun balakacida sering dibuang begitu saja.

Meskipun begitu, ternyata tanaman balakacida memiliki manfaat yang luar biasa di dunia pertanian. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai pupuk organik, biopestisida, hingga obat tradisional. Manfaat tersebut tentunya dikarenakan daun balakacida memiliki banyak sekali kandungan zat dan nutrisi.

Baca Juga:  Berbagai Rumah Sakit Siapkan Penanganan Khusus Caleg Depresi

Berikut di bawah ini adalah manfaat daun balakacida bagi kesehatan wanita, diantaranya:

Obat Kista

Kista adalah salah satu jenis penyakit berupa benjolan yang umumnya menyerang bagia organ reproduksi. Salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi atau mengobati kista adalah dengan menggunakan daun balakacida.

Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan bagi wanita berbeda dengan manfaat terigu untuk luka bakar, untuk mencegahnya anda bisa meminum teh balakacida.

Menjaga kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan alat reproduksi merupakan satu hal penting yang harus diperhatikan, untuk menjaga kesehatannya anda bisa meminum air rebusan dau balakacida.

Mencegah Diabetes

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan alat reproduksi wanita saja, daun balakacida pun dapat mengontrol kadar gula yang masuk pada tubuh sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

Obat Vertigo

Vertigo merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disepelekan, penyakit ini tidak hanya dapat berujung di rumah sakit saja tetapi juga kematian. Anda dapat mengobatinya dengan meminum air rebusan daun balakacida saat vertigo anda kambuh.

Baca Juga:  Setahun Pandemi Picu Sekolah di Majalengka Tak Terawat, Bupati: Tidak Enak Dipandang

Obat Maag

Tidak hanya mampu mencegah kambuhnya penyakit maag berbeda dengan manfaat kunyit putih, dipercaya daun balakacida dapat mengobati maag jika dikonsumsi secara berkala.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penting bagi kita menjaga kesehatan jantung, agat jantung selalu sehat dan terhindat dari penyakit anda bisa menggunakan daun balakacida.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Untuk anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol, anda bisa meminum air rebusan daun balakacida saat kadar kolesterol anda naik ataupun setelah mengkonsumsi seafood.

Obat Asam Urat

Daun balakacida mampu mengobati asam urat. Jika anda rutin mengkonsumsinya 3 kali dalam seharai, maka manfaat daun ini pun akan anda rasakan.

Menurunkan Tekanan Darah

Tak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol, daun balakacida juga mampu menurunkan tekanan darah anda. Ini bermanfaat bagi anda yang memiliki hypertensi.

Menjaga Kesehatan Lambung

Kandungan nutrisi pada daun balakacida sangat baik bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit ataupun gangguan pada lambung.

Baca Juga:  Inilah Deretan Daftar Hitam yang Dibolokir Facebook, Ada Nama Habib Rizieq

Obat Sakit Kepala

Tidak hanya dapat mengobati vertigo saja, daun balakacida juga dapat mengobati berbagai macam sakit kepala seperti migrain dan pusing.

Mencegah Kanker Payudara

Tidak hanya mampu mencegah kanker serviks saja, daun balakacida dapat anda konsumsi untuk mencegah terkena kanker payudara.

Melancarkan Peredaran Darah

Daun balakacida dapat melancarkan peredaran darah anda sehingga anda akan jarang mengalami kram dan kesemutan.

Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang sedang diet ataupun ingin memiliki berat badan ideal, anda bisa mengkonsumsi daun balakacida.

Obat Luka

Untuk mengobati luka, anda bisa menumbuk daun dan menempelkannya di bagian tubuh anda yang luka.

Obat Jerawat

Sama dengan cara mengobati luka berbeda dengan manfaat durian mentah, untuk mengobati jerawat anda tinggal menumbuk dan menempelkannya pada jerawat anda.

Nah, itulah tadi diantaranya beberapa manfaat yang dimiliki oleh daun balakacida yang baik bagi kesehatan wanita. Semoga info di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari manfaat.co.id