HUT Satpam Ke – 36 Tahun, Dua Personil Satpam Purwakarta Dapat Penghargaan

Jpeg

JABAR NEWS | PURWAKARTA -Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke- 36 Tahun 2016 di Kabupaten Purwakarta, Jumat (30/12/2016), dilaksanakan di Taman Pasanggrahan Padjajaran yang berada di komplek Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

Dalam upacara tersebut, Dua personil Satpam Purwakarta mendapatkan Penghargaan dari Kapolres Purwakarta AKBP. Hanny Hidayat, SIK, MH. Adapun Dua Personil Satpam tersebut yaitu Iwan Gunawan selaku Komandan Pleton Satpam PT. D4S (PT. SPV) dan Kurniawan Bin Hasan yang juga merupakan Satpam PT. D4S (PT. SPV).

Mereka diberikan penghargaan karena saat bertugas, kedua personil Satpam PT. D4S itu berhasil menggagalkan dan menangkap tersangka juga pelaku pencurian kabel serta pipa stanless di area PT. South Pasivic Viscouse beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  BBSPJIBBT Komitmen Dalam Penerapan Zona Integritas WBBM

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, yang dibacakan oleh Waka Polres Purwakarta Kompol Mikranuddin Syahputra, SH, SIK yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh personel satpam di mana pun berada dan bertugas, disertai harapan semoga ke depan satpam dapat semakin eksis menunjukkan jati dirinya sebagai unsur utama pengamanan swakarsa yang mampu berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Momentum ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas seluruh kinerja yang telah dilakukan guna dijadikan pedoman bagi upaya perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka mengoptimalkan peran satpam sebagai mitra Polri,” ucapnya.

Baca Juga:  Erick Thohir: Mobil Listrik Solusi Kurangi Devisa Berpindah ke Luar Negeri

Mikranuddin, mengatakan kiprah satpam memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri memelihara stabilitas Kamtibnas. Secara historis sebelum lahirnya kepolisian modern, pengamanan terhadap diri keluarga maupun harta benda, dilakukan oleh tiap-tiap anggota masyarakat yang dikenal dengan pengamanan swakarsa. Mengingat beratnya tugas dan tanggung jawab yang diemban, terlebih dalam menghadapi MEA 2016, Polri tidak dapat bekerja sendiri.

“Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi kemananan termasuk Satpam sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi kepolisisan terbatas,” katanya.

Fokus perhatian yang tidak boleh diabaikan adalah peningkatan hubungan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama antara badan usaha jasa pengamanan dan satuan kewilayahan Polri, maupun antara anggota Satpam dan petugas kepolisian di lapangan

Baca Juga:  Terungkap, Kuasa Hukum Bharada E Beberkan Fakta Terbaru

“Selama kurun waktu 35 tahun berkiprah, saya melihat Satpam telah mampu menampilkan kinerja yang optimal membantu Polri guna menjamin terciptanya rasa aman pada lingkungan kerjanya,” ujarnya.

Selain itu Mikranuddin menilai, saat ini dengan dukungan penuh dari Polri, profesionalitas Satpam sudah sangat baik. Kompetensi terus meningkat, soliditas dan komunikasi serta koordinasi anta lembaga juga terus terjalin dengan baik.

“Harapan kita dengan adanya tim yang solid ini, keamanan dan kenyamanan di Kabupaten Purwakarta dapat terus terjaga, baik bagi warga kota maupun kepada setiap tamu yang datang,” jelasnya usai upacara digelar saat ditemui awak media. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat