Jarang Disadari, Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

JABARNEWS | BANDUNG – Menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan. Umumnya, menstruasi terjadi selama 3 sampai 7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi setiap 28 samapi 36 hari dan berlangsung sebanyak 11 sampai 13 kali dalam satu tahun. Setiap wanita memang mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang.

Tahukah anda jika penyebab menstruasi tidak lancar dapat terjadi karena kebiasaan anda yang tak disadari? Anda mungkin melakukan sesuatu yang justru menyebabkan siklus menstruasi anda menjadi tidak karuan.

Berikut di bawah ini beberapa hal yang mungkin anda lakukan tanda anda sadari sebelumnya sehingga membuat siklus menstruasi anda menjadi tak karuan, diantaranya adalah:

Pola Hidup Dan Makan Yang Tidak Seharusnya

Jika anda sedang menjalani program diet, maka jangan sampai anda tidak menghitung kadar kalori yang harus anda kurangi dan menggantinya dengan nutrisi yang lain. Diet yang berlebihan dapat berdampak pada siklus menstruasi anda. Terlebih jika dibarengi dengan olahraga yang terlalu berat, maka dengan kondisi kelelahan dan kekurangan nutrisi akan berdampak pada semua jaringan dalam tubuh.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Harian Capricorn, Jangan Biarkan Emosi yang Tidak Terkendali Menguasai Hari Ini

Stres Yang Berlebihan

Pikiran memang menjadi sumber segala sesuatu, termasuk kesehatan pun dapat bergantung pada pikiran anda. Jika anda terlalu stres berlarut-larut, maka tubuh akan mengeluarkan hormon stres dan akan berpengaruh pada hormon menstruasi.

Penggunaan Kontrasepsi Atau Tidak Mengganti Alat Kontrasepsi

Entah itu pil kb maupun penggunaan alat kontrasepsi lain seperti spiral atau suntikan kb dapat menyebabkan pendarahan dalam jumlah yang sedikit atau bahkan dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini pun memberikan pengaruh yang signifikan pada periode menstruasi dan membuatnya jadi tidak teratur.

Baca Juga:  Cara melihat Gerhana Bulan Total Yang Akan Segera Handir

Aktivitas Yang Terlalu Berlebihan

Rasa capek akan akan berpengaruh pada hormon hipotalamus yaitu hormon yang mengatur pertumbuhan dan orientasi seks manusia. Saat anda terlalu lelah maka akan ada masalah pada pelepasan ovulasi yang berpengaruh pada menstruasi yang tidak lancar. Bisa juga anda akan mengalami keterlambatan menstruasi padahal tidak sedang dalam keadaan mengandung.

Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas

Jika di poin satu tadi diet yang berlebihan akan mempengaruhi siklus menstruasi, maka sebaliknya kelebihan berat badan juga memiki peranan penting. Berat badan yang terlalu berlebihan juga bisa menjadi tanda ovarium polikistik yaitu gangguan keseimbangan kadar hormonal di mana tubuh wanita memproduksi hormon laki-laki. Jika anda mengalami ini, jelas andatidak akan memiliki jadwal haid yang normal.

Baca Juga:  Anggota DPRD Jabar: Pemerintah Boleh Lakukan Pergeseran Anggaran

Semakin anda sering melakukan hal di atas, maka akan semakin besar kemungkinan menstruasimu jadi tidak lancar. Agar memiliki jadwal menstruasi yang stabil, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar anda dapat mengetahui lebih jelas apa ada penyebab lain selain semua hal yang telah disebutkan di atas. (Fin)

Sumber berita diambil dari idntimes.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat