Jangan Langsung Dibuang, Inilah Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagian besar orang mungkin akan membuang bagian rambut jagung ketika akan mengolah jagung, baik untuk direbus, dibakar maupun diolah untuk menjadi jenis panganan lain. Namun siapa sangka, rambut jagung ternyata memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dari rambut jagung yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang, diantaranya yaitu:

Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Rambut jagung ternyata dapat meningkatkan produksi insulin didalam tubuh dan mampu mengurangi resistensi insulin sehingga sel dapat secara maksimal menyerap glukosa dalam darah. Dengan demikian, hal tersebut akan sangat efektif dalam mengontrol kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

Baca Juga:  Begini Tandanya Jika Klep Motor Mengalami Kebocoran

Membantu Pembekuan Darah

Rambut jagung kaya akan kandungan vitamin K yang membantu proses pembekuan darah. Sehingga ketika kita terluka, maka kita tidak akan terlalu banyak kehilangan darah karena adanya vitamin K didalam tubuh yang mengendalikan proses pembekuan darah.

Mampu Mencegah Batu Ginjal

Orang-orang telah lama menggunakan rambut jagung untuk melawan batu ginjal. Rambut jagung dapat mencegah akumulasi oksalat diginjal dan menormalkan aliran urin sehingga dapat mengurangi pembentukan sedimen atau endapan yang dapat membentuk batu ginjal. Jadi rambut jagung secara efektif dapat mencegah batu ginjal.

Mampu Mengatur Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi rambut jagung secara rutin dapat mengatur kadar kolesterol didalam tubuh dan mencegah akumulasi plak di arteri sehingga kolesterol yang mengendap diarteri bisa diuraikan hal ini dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung dan juga stroke.

Baca Juga:  Manfaat Minyak Jarak Mulai untuk Pelembab Alami hingga Penyebuh Luka

Agen Diuretik Yang Kuat

Diuretik adalah obat yang dapat menambah percepatan pembentukan urin. Rambut jagung merupakan agen diuretik alami yang sangat kuat bahkan dapat menghilangkan racun dan kelebihan cairan dari tubuh sehingga mengurangi komplikasi yang berhubungan dengan retensi cairan atau edema yang dapat menyebabkan pembengkakan di seluruh tubuh atau di bagian tubuh tertentu.

Lalu bagaimana cara mengkonsumsinya? Cara mengolahnya cukup mudah, masukkan segenggam rambut jagung kedalam air mendidih, lalu masak selama beberapa menit. Jika telah selesai, pindahkan air rebusan ke dalam sebuah gelas atau tempat minum yang memiliki tutup. Namun jangan langsung dikonsumsi, diamkan terlebih dahulu selama 24 jam, setelah itu anda bisa mengkonsumsinya. Anda dapat menambahkan madu atau lemon kedalamnya.

Baca Juga:  Nihil, Pendaftaran Caleg Ke KPUD

Nah, itulah tadi manfaat dari rambut jagung yang oleh sebagian besar orang dianggap sebagai sampah. Semoga info di atas dapat berguna dan juga bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari healthylifevision.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat