bjb

Inilah Manfaat Dari Membawa Bekal Sendiri

JABARNEWS | BANDUNG - Hari Bawa Bekal Nasional adalah peringatan tentang membawa bekal berupa makanan dari rumah. Pengertian bekal menurut KBBI,  sesuatu yang disediakan (seperti makanan, uang) untuk digunakan dalam perjalanan.

Awal ditetapkannya hari bawa bekal nasional adalah pada 12 April 2013. Sebuah perusahaan tempat makan melakukan kampanye penggunaan produk mereka dalam mengurangi sampah plastik. Dalam kampanye tersebut, perusahaan ini bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan RI, Kementrian Pendidikan Nasional RI, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Berikut di bawah ini adalah manfaatnya dari membawa bekal makanan ke kampus atau kantor, diantaranya:

Kualitas Gizi dan Kebersihan Makanan Terjamin
Kita dapat mengetahui apakah makanan yang kita bawa itu sehat, aman, dan tidak mengandung zat-zat yang membahayakan. Karena makanan yang dibawa adalah hasil olahan sendiri.

Hemat Uang
Dengan bawa bekal, kita bisa hemat lho. Pasalnya uang untuk jajan tidak akan keluar bila perut kenyang duluan. Selain itu membeli makanan dan memasak sendiri harganya berbeda. Lebih murah biaya masak sendiri. Coba saja masak menu sederhana yang dijual. Lalu bandingkan pengeluaranmu dan jumlah makanan yang didapat.

Melestarikan Lingkungan Dan Berkontribusi Dalam Kebersihan Lingkungan
Membawa bekal menggunakan tempat makan sendiri bisa mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam yang sulit terurai. Karena tempat makan yang dibawa umumnya adalah plastik atau kaca yang bisa digunakan kembali.

Melatih Interkasi Sosial
Membawa bekal bisa jadi ajang latihan untuk berinteraksi sosial, dengan berbagi makanan yang dibawa atau sekedar menawarkan.

Melatih Manajemen Waktu
Zaman milenial sekarang, kita lebih tertarik bermain media sosial yang sering kali membuat kita lupa waktu. Dengan belajar memasak untuk bekal dalam satu hari akan melatih diri dalam memanfaatkan waktu dengan efektif.

Melatih Kreativitas
Membawa makanan sendiri akan melatih kreativitas kita dalam masak memasak juga. Karena kita bisa berkreasi dalam memasak. Mulai dari memikirkan menu hingga resep.

Itulah tadi beberapa manfaat dari membawa bekal makanan ke kampus atau kantor. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari idntimes.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi