Autoimun, Penyakit Yang Menyerang Perempuan Usia Produktif

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang mengalami gangguan sehingga menyerang jaringan tubuh itu sendiri. Padahal seharusnya sistem imun hanya menyerang organisme atau zat-zat asing yang membahayakan tubuh.

Dari segi bahasa, auto artinya diri sendiri, dan imun artinya sistem pertahanan tubuh, jadi pengertian autoimun adalah sistem pertahanan tubuh mengalami gangguan sehingga menyerang sel-sel tubuh itu sendiri.

Baca Juga:  Diduga Belum Kantongi Izin, Tower Telekomunikasi Di Bandung Disegel Satpol PP

Penyakit autoimun ini tidak dapat dicegah, dan bahayanya penyakit ini banyak menyerang perempuan usia produktif. Tubuh yang diserang akan mengalami gangguan tulang persendian, saraf, kelenjar dan organ-organ penting lainnya.

Gejala yang dirasakan oleh masing-masing orang pun akan berbeda, tergantung dengan ketahanan tubuhnya. Namun gejala yang sering dialami adalah kelelahan, demam dan juga pusing.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer 6 April 2022, Kharismamu Memang Terpancar Saat Berinteraksi Dengan Orang Lain

Ada berbagai jenis penyakit autoimun yang dapat menyerang, antara lain Antibody Syndrome, Autoimun Hepatitis, Celiac Dease, Guillain-Barre Syndrome (GBS), Hemolytic Anemia, Ideophathic Thrombosythopenic Purpura (ITP), Lupus Eritematosus Sistemik, Multiple Sclerosis, Psoriasis dan Diabetes.

Faktor penyebab penyakit autoimun seperti genetika, faktor lingkungan, hormon seks (alasan mengapa penyakit ini banyak menyerang usia produktif) dan pengaruh infeksi. Penyakit ini bukan akhir dunia, meskipun gangguan autoimun tidak dapat disembuhkan, namun gejala yang menimbulkan gangguan ini dapat dikendalikan dengan pengobatan yang tepat.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama Saat Digigit Tomcat dari dr. Saddam Ismail

Itulah tadi penjelasan mengenai penyakit autoimun dan semoga info diatas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat