bjb
itcbet

Wanita Bertubuh Pendek Sulit Turunkan Berat Badan, Ini Penjelasannya

JABARNEWS | BANDUNG - Sebagian dari anda mungkin tidak percaya jika wanita bertubuh pendek itu lebih susah untuk menurunkan berat badannya. Craig Primack MD dari Obesity Medicine Association menjelaskan bahwa orang yang bertubuh pendek memiliki laju metabolisme yang lambat. Sehingga butuh waktu yang lama untuk menurunkan berat badan.

Pada umumnya, wanita memiliki Angka Metabolisme Basal sebesar 1.400 kalori per hari. Angka Metabolisme Basal (AMB) atau Basal Metabolic Rate (BMR) merupakan kebutuhan energi minimal yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan proses tubuh yang vital. Ketika wanita berbaring di tempat tidur selama 24 jam, tubuh akan membakar kalori sebanyak 1.400.



Tapi wanita yang tinggi badannya kurang dari 152 cm, AMB-nya adalah 1.200 kalori dan tinggi badannya sekitar 155 cm AMB-nya sekitar 1.750 kalori per hari. Dengan kata lain, semakin pendek tubuh wanita, semakin sedikit lean mass (massa otot bebas lemak) yang dimilikinya. Sehingga jadi lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Ada juga sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE yang menyebutkan bahwa ukuran organ tubuh manusia juga mempengaruhi laju metabolisme basalnya. Karena wanita bertubuh pendek kecenderungan punya organ-organ yang lebih kecil, mereka tak perlu membakar banyak energi untuk menggunakan organ-organ tersebut. Sehingga kalori yang terbakar pun sedikit.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi