bjb

Warga Syok, Ratusan Kambing Terbawa Longsor

JABARNEWS | KAB. TASIKMALAYA – Tebing yang berlokasi di Kp. Kebon Salak, Singaparna, Kab Tasikmalaya longsor, Kamis (19/04/2018). Longsor tebing itu akibat terjangan luapan air dari saluran irigasi.

Kendati tidak menelan korban jiwa dan kerusakan rumah, namun ratusan hewan ternak milik warga hanyut terbawa air dan tertimbun longsor.

Salah satu warga setempat, Jua (52), mengaku sempat syok melihat hewan peliharaannya terbawa longsor.

“Kejadiannya pada malam Rabu kemarin sekitar jam 20.00. Sebelum terjadinya longsor ini, kami sekeluarga sedang diam di dalam rumah. Setelah mendengar suara gemuruh, serentak saya serta anggota keluarga berhamburan keluar," ujarnya.

"Rumah saya memang selamat dari terjangan longsor. Namun, di otak saya terpikirkan akan belasan ekor kambing yang saya pelihara. Pas dilihat, ternyata kambing dan kandangnya terbawa longsor,” katanya

Warga lainnya, Eruk (65), mengatakan, belasan kambing yang dia pelihara juga terbawa longsor.

"Walau rumah saya tidak tertimpa longsor, namun hewan peliharaan saya hilang. Padahal itu akan saya jual jelang Lebaran nanti. Kalau begini mah, saya rugi besar. Kalau dihitung-hintung, jumlah kambing yang hilang di kampung ini mencapai ratusan ekor," terangnya.

Eruk menambahkan, sebenarnya irigasi itu sering meluap ke sekitar pemukiman warga.

“Iya itu sering. Longsoran tebing tersebut itu akibat luapan air dari irigasi. Saat longsor sebelumnya, hewan ternak milik warga ada yang hilang. Saya meminta ke pihak – pihak terkait untuk segera benarkan saluran irigasi teraebut,” katanya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi