bjb

Anak Kecanduan Gadget? Ini Tips Ala KH Abu Hamzah

JABARNEWS | BANDUNG – Semakin tidak terkendalinya deras era digitalisasi menyebabkan permasalahan-permasalahan, khususnya bagi anak-anak. Perkembangan alat komunikasi seperti gadget atau smartphone, ternyata tidak hanya memberikan efek positif saja, akan tetapi berdampak negatif bagi kehidupan bersosial bagi anak.
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPW Hidayatullah Jawa Barat, K.H Abu Hamzah, pada Konferensi Pers "Membentuk Keluarga Qur'ani Berkarakter", di Fave Hotel, Kota Bandung, Kamis (26/04/2018).
"Masalah gadget banyak yang tidak bisa diatasi sehingga menjadi permasalahan tersendiri bagi anak-anak dan juga orang tua merasa kesulitan untuk mengarahkan mereka. Masalah komunikasi jangan sampai menjerumuskan anak-anak kita kepada sesuatu yang tidak kita harapkan," katanya.
Menurutnya, perkembangan alat komunikasi seharusnya dibarengi dengan kemampuan orang tua dalam membimbing anak untuk dapat mengambil manfaat kebaikan daripada fungsinya gadget itu sendiri.
"Kita semua mampu mengambil manfaat dari alat komunikasi digital ini untuk kebaikan. Jangan sampai ini menjadi permasalahan yang jauh menjadi dekat, yang dekat menjadi jauh," ujarnya.
"Untuk mengurangi dampak itu yang pertama sebagai orang tua harus mengawasi alat komunikasi anak-anak. Kedua, membimbing atau mengarahkan mereka kepada tontonan-tontonan yang bermanfaat. Ketiga, Kita harus membatasi jangan sampai tiap waktu yang berharga dilewatkan begitu saja, khususnya di waktu belajar mengaji dan waktu solat," pungkasnya. (Ted)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait