Serikat Pekerja Peringati May Day Dengan Baksos

JABARNEWS | PURWAKARTA – Lembaga Pemberdayaan Pekerja Perempuan (LP3) Pengurus Cabang Federasi Serikat Pekerja Tekstil Sandal Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC FSP TSK SPSI) Kabupaten Purwakarta peringati hari buruh dengan cara sendiri. Mereka gelar bakti sosial (Baksos) “May Day For Srikandi SP TSK-SPSI” di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wikara, Purwakarta, Selasa (1/5/2018).

Dalam kegiatan tersebut terdapat edukasi kesehatan, donor darah, beauty skin care dan cek kesehatan mata, gula darah, asam urat, tensimeter, kolestrol. Bahkan ada pap smear secara gratis bagi buruh dan masyarakat umum yang mendaftar.

Baca Juga:  Bicara Soal Korupsi. UU: Harus Semakin Menguatkan Keimanan

Menurut ketua pelaksana kegiatan, Diah Indrakomala, kegiatan tersebut sengaja dilakukan sebagai aksi peduli terhadap kesehatan para buruh. “Dalam rangka memperingati Hari buruh, kami merasa kegiatan seperti bakti sosial pengecekan kesehatan sangat penting bagi buruh untuk menunjang produktivitas beban kerja yang dihadapi mereka,” jelasnya.

Diah menambahkan, apalagi khusus bagi buruh wanita, sangat penting untuk menjaga kesehatan khususnya kesehatan reproduksi dalam hal ini lewat pengecekan Pap Smear. Sehingga bisa mendeteksi dini kanker serviks.

Baca Juga:  Besok, Lima Kepala Daerah Terpilih Pilkada 2020 di Jabar Ini Dilantik

Sementara itu, Ketua LP3 Purwakarta, Yanti Kusrianti mengatakan peran buruh wanita sangatlah penting bagi kemajuan perusahaan tempat mereka bernaung dan secara umum bagi kemajuan bangsa dan negara. Untuk itu kesejahteraan buruh wanita termasuk soal kesehatan harus menjadi prioritas.

“Buruh wanita rentan mengalami sejumlah penyakit. Untuk itu kesejahteraan mereka harus diperhatikan terutama soal kesehatan. Jangan sampai mereka sakit,” katanya.

Baca Juga:  Soal Pemekaran Wilayah, Depok Pilih Gabung DKI

Di sisi lain, Ketua STIE Wikara, Ai Surtika Dewi menyambut baik acara bakti sosial tersebut.

“Ya kami sangat mendukung, yang saya tahu biasanya May Day identik dengan turun ke jalan melakukan demo, tapi ini justru melakukan bakti sosial. Kami harap kegiatan ini berkelanjutan ke depannya,” ujarnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Bakti sosial oleh serikat pekerja di Purwakarta, (Foto: Gin/Jabarnews).