Sidak Pasar Guntur, Harga Beberapa Komoditas Melonjak

JABARNEWS | GARUT – Jelang bulan suci Ramadhan sejumlah harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik, hal ini seperti terungkap di Pasar Guntur Ciawi Tali Garut.

Menghadapi kondisi itu, tim Satuan Tugas (Satgas) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Guntur Ciawi Tali, Rabu (2/5/2018). Sidak dilakukan untuk mengantipasi ketidakstabilan harga jelang bulan suci Ramadhan.

Tim satgas yang terdiri dari gabungan TNI-Polri, Kejaksaan, Badan POM, serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Garut sementara ini belum menemukan adanya kecurangan dari pedagang, meski terdapat beberapa harga sembako yang merangkak naik.

Baca Juga:  Sambut Natal, Polda Jabar Jamin Seluruh Gereja dalam Kondisi Aman

Di Pasar Ciawitali, beberapa komoditas semisal daging ayam, tepung tapioka, dan telur sudah naik pada kisaran 10 persen daibandingkan harga semula.

Dalam sidak kali ini, sejumlah petugas melakukan pemerikasaan khusus terhadap lapak pedagang sembako.

Selain kenaikan pada produk kebutuhan pokok pangan, sejumlah komoditas sayuran seperti tomat, cabai merah, dan kentang juga mengalami kenaikan, mulai dari 5 hingga 10 persen per kg.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Ungkap Sosok Caswara, Bocah yang Tinggal di Gubuk Tengah Rawa

Untuk harga tepung tapioka, yang sebelumnya Rp 20 ribu naik menjadi Rp 50 ribu per kantung. Kenaikan tersebut menurut pedagang akibat dari minimnya pasokan barang menjelang Ramadham.

Kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam. Sebelumnya daging ayam dibanderol Rp. 28 ribu per kg, naik menjadi Rp. 32 ribu per kg.

Baca Juga:  Tak Hanya Wortel, Buah Salak Pun Baik Bagi Kesehatan Mata

“Pihak kepolisian tidak akan segan menindak oknum (pedagang/red.) yang melakukan kecurangan dalam berdagang. Misalnya menjual barang yang tidak layak konsumsi. Petugas akan rutin melakukan pengecekan harga hingga tibanya bulan Ramadhan nanti,” ujar Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, saat memimpin sidak di Pasar Guntur Ciawitali, Rabu. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat