Api Berkobar Di Malabar

JABARNEWS | BANDUNG – Api berkobar di Malabar, Kota Bandung, Jawa Barat, berhasil dipadamkan. Hasil pengecekan petugas pemadam, puluhan rumah di kawasan padat penduduk itu ludes terbakar.

Lokasi kebakaran berada di Jalan Karees Kulon, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, atau tepatnya di belakang Hotel Papandayan, Kamis (3/5/2018) siang. Bangunan yang terbakar mayoritas rumah semi permanen.

“Totalnya ada 30 rumah terbakar,” ujar Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung Ferdi Ligaswara di lokasi kejadian dikutip dari detik.

Baca Juga:  Sertijab Kasat Binmas, Ini Pesan Kapolresta Deli Serdang

Api berhasil dipadamkan selama kurang lebih satu jam dari laporan awal pukul 11.00 WIB. Ferdi mengaku cukup kesulitan dalam proses pemadaman api.

“Lokasinya padat penduduk. Struktur bangunan merapat dan terhubung satu sama lainnya sehingga menyulitkan mobil masuk. Untuk ke titik area, kita menyambung selang hingga ke titik api. Kita kerahkan 24 unit pancar,” ungkapnya.

Selain itu, proses pemadaman membutuhkan kerja ekstra. DKPB Bandung bahkan membagi petugas ke dalam tiga tim.

Baca Juga:  Persib Mulai Terapkan Berlatih Dua Kali Sehari

Tim pertama melakukan pemadaman dengan cepat, tim kedua mengisolasi area terbakar. Serta tim ketiga melakukan evakuasi warga.

“Semuanya bekerja secara bersama-sama,” kata Ferdi.

Apa pemicu kebakaran? “Dugaan sementara berasal dari gas,” ucap Ferdi singkat.

“Untuk korban sejauh ini baru teridentifikasi satu orang luka bakar, atas nama Taufik Hidayah,” ucap Kapolsek Lengkong Kompol Ari Purwantono di lokasi kejadian, Kamis (3/5/2018).

Ari mengatakan Taufik mengalami luka bakar di tubuhnya. Saat proses pemadaman, korban dievakuasi dan sudah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga:  Wagub Uu : Para Santri Harus Melek Tekhnologi

Kepala DKPB Ferdi Ligaswara membenarkan anak buahnya menjadi korban saat berupaya memadamkan api. “Ada tiga orang anggota kami. Masing-masing ada yang terkena api dan sengatan listrik,” ucap Ferdi di lokasi yang sama.

Ketiga anggota DKPB Kota Bandung itu mendapat pertolongan medis oleh tim PMI Kota Bandung. Setelah diobati, ketiganya kembali bekerja memadamkan api. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat