Tutup Rangkaian Kegiatan HUT Kodam III, Kodim 0619 Purwakarta Gelar Tabur Bunga

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirna Raga dan melaksanakan Tabur Bunga menjadi penutup rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III/Siliwangi ke-71 yang digelar Kodim 0619 Purwakarta. Ziarah tersebut langsung dipimpin Komandan Kodim (Dandim) 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana.

Prosesi ziarah ke TMP Sirna Raga diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dilanjutkan dengan pembacaan doa dan peletakan karangan bunga tepat di monumen pahlawan.

Turut hadir dalam ziarah tersebut Wakil Bupati Purwakarta H Dadan Koswara, jajaran Polres Purwakarta, jajaran Resimen Armed 2/1 Kostrad, ibu-ibu Persit dan Bhayangkari, serta lainnya.

Baca Juga:  Formasi CPNS Di Majalengka 388 Orang, Begini Rinciannya

“Sudah hampir sebulan ini Kodim 0619 Purwakarta dan seluruh Kodim yang berada di wilayah Kodam III/Siliwangi secara serentak menggelar rangkaian acara hari jadi. Sedikit berbeda, kami melaksanakan ziarah ke TMP sebagai penutup rangkaian acara,” kata Ari saat diwawancara awak media, Jum’at (19/05/2017).

Ari menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan dan rasa terimakasih atas jasa dan pengorbanan para pendahulu, apa yang ada saat ini berkat perjuangan para pahlawan.

Baca Juga:  Kasus Mutilasi Mayat dalam Koper Merah di Bogor Terungkap, Pelaku dan Korban Ternyata Pasangan Gay

“Sekarang, negara kita dirongrong pihak lain apa kita akan terlena dan diam saja. Karena itu, ziarah ini menjadi salah satu momen untuk mengingatkan kebersamaan, kesatuan, dan kebhinekaan,” jelasnya.

Ari mengungkapkan, seluruh rangkaian kegiatan yang digelar selalu melibatkan berbagai elemen, di antaranya dari Kepolisian, Pemerintah Daerah, hingga masyarakat.

“Ini menunjukkan hubungan baik, kerjasama, dan soliditas di antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah,” ungkap Ari.

Baca Juga:  Masyarakat Bandung Dihebohkan Adanya Komunitas 'Sunda Empire'

Khusus keterlibatan masyarakat, kata Ari, ini merupakan bukti Kemanunggalan TNI dan Rakyat. Dimulai dari giat donor darah hingga Geboy Meri yang membagikan paket sembako gratis kepada warga yang membutuhkan, semuanya melibatkan masyarakat dan untuk Geboy Meri diinisiasi komunitas trail Purwakarta.

“TNI dan komunitas trail berkolaborasi memberikan sumbangsih berupa 500 paket sembako gratis untuk sekadar meringankan beban saudara kita yang membutuhkan,” terang Ari. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat