Baik Bagi Kesehatan, Coba 5 Macam Olahraga Ekstrem Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Meskipun memiliki segudang aktivitas, namun berolahraga menjadi salah satu hal yang penting dan tak boleh terlewatkan demi menjaga menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam virus dan juga penyakit.

Umumnya, wanita milenial lebih memilih untuk berolahraga dengan porsi yang ringan seperti zumba, pilates, yoga dan sebagainya. Namun tahukah anda bahwa olahraga ekstrem pun dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Selain itu, olahraga ekstrim dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda yang bosan dengan melakukan olahraga yang itu-itu saja. Oleh karena itu, berikut di bawah ini adalah 5 macam olahraga ekstrem yang bisa anda coba, diantaranya:

Bungee Jumping



Olahraga yang satu ini wajib anda coba. Olahraga ini dilakukan dengan cara lompat dari ketinggian puluhan meter dengan hanya mengandalkan bungee cord yang merupakan alat pengaman khusus. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya.

Baca Juga:  Tok! Pemerintah Putuskan Diskon Tarif Listrik Berakhir Bulan Ini

Bungee Jumping memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menghilangkan stress, melatih kelenturan tubuh, melancarkan peredaran darah ke otak dan dapat pula menjadi terapi untuk mengatasi phobia pada ketinggian.

Climbing



Climbing atau panjat tebing adalah suatu olahraga yang sudah popular sejak dulu. Jika anda sudah mahir melakukan panjat tebing, anda bisa melanjutkannya untuk melakukan wall climbing dan rock climbing di alam terbuka untuk memacu adrenalinmu.

Climbing memiliki manfaat bagi kesehatan seperti membuat stamina dan kekuatan tubuh menjadi lebih baik akibat intensitas aktivitas yang tinggi serta melatih kedisiplinan mental karena tingkat konsentrasi yang harus dipertahankan selama melakukan climbing.

Gliding

Olahraga satu ini adalah variasi dari olahraga terbang layang yang ekstrem di udara dengan bantuan alat khusus agar penggunanya bisa bergerak bebas di udara. Bila gliding dilakukan menggunakan pesawat tanpa mesin yang dikenal sebagai glider atau pesawat layar, maka hang gliding dilakukan dengan pesawat yang lebih sederhana terbuat dari sayap kain dengan rangka metal.

Baca Juga:  2019, Dompet Dhuafa Jabar Targetkan Pertumbuhan Penghimpunan 40 %

Gliding memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menghilangkan stress, melatih kekuatan otot tangan dan melatih konsentrasi berpikir.

Mountain Biking

Bersepeda mungkin sudah menjadi suatu olahraha yang umum bukan? Nah, anda harus mencoba bersepeda di gunung untuk sesekali. Mengendarai sepeda gunung khusus di jalanan terjal sambil menikmati keindahan alam pastinya akan membuat anda jatuh cinta dengan olahraga ini.

 

Olahraga bersepeda gunung ini terdiri dari cross country, trail riding, downhill, free-ride, street riding, dirt jumping dan trials. Namun bagi anda yang menyukai rekreasi, anda disarankan untuk melakukan recreational cross country, trial riding dan street riding.

Olahraga ini memiliki manfaat bagi kesehatan seperti dapat membakar lemak tubuh, membuat sistem kardio tubuh bekerja dengan baik dan juga melatih otot kaki.

Baca Juga:  Keindahan Dari Terasering Persawahan Di Desa Purwaraharja Tasikmalaya, Bikin Rindu Kampung Halaman

Surfing

Bagi anda yang menyukai untuk liburan ke pantai, maka olahraga yang satu ini sangatlah wajib untuk anda coba. Olahraga ekstrem yang dilakukan di atas air ini banyak jenisnya seperti jet-skiing, scuba diving, snorkeling, kayaking, windsurfing dan juga water-skiing.

Nah, itulah tadi 5 macam olahraga ekstrem yang ternyata memiliki manfaatnya bagi kesehatan tubuh anda. Semoga dari ke-5 macam jenis olahraga ekstrem tersebut dapat menginspirasi dan dapat anda coba. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari styl.id

Jabarnews | Berita Jawa Barat