BEM Fikom Dan IMIKI Unpad Gelar Jatinangor Communication Festival

JABAR NEWS | SUMEDANG – Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia Universitas Padjadjaran (IMIKI Unpad) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (BEM Fikom Unpad) menyelenggarakan Seminar Nasional Komunikasi di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Jatinangor, Sumedang, Kamis (11/05/2017).

Seminar tersebut merupakan rangkaian acara dari Jatinangor Communication Festival dan Musyawarah IMIKI Wilayah II.

Dalam kegiatan seminar nasional tersebut dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof Dr med Tri Hanggono Ahmad, dr., Dekan Fikom Unpad, Dr Dadang Rahmat Hidayat, M.Si., Direktur iNews TV, Wijaya Kusuma, MBA., SAM Bidang Komunikasi & Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika, Drs Gun Gun Siswadi, M.Si, dan Koordinator Kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Prof Dr H Obsatar Sinaga, M.Si.

Baca Juga:  Deadpool 3: Ryan Reynolds Sebut Tengah Diproduksi Marvel Studios

Pada sesi pertama Prof Obsatar Sinaga mengatakan bahwa saat ini perkembangan zaman sangat mempengaruhi prospek kerja lulusan ilmu komunikasi di Indonesia.

“Saat ini zaman sudah semakin berkembang. Berbagai media muncul begitu banyak. Ini tentunya memperbesar prospek lulusan ilmu komunikasi. Memang harapannya banyak, tapi tantangannya juga banyak,” kata Obsatar.

Sementara itu, Direktur iNews TV, Wijaya Kusuma menyebutkan, untuk memanfaatkan besarnya prospek lulusan mahasiswa ilmu komunikasi, mahasiswa harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum lulus, karena setelah lulus, saingan di dunia kerja tidaklah sedikit.

“Untuk menghadapi daya saing yang tinggi di dunia kerja, mahasiswa harus tahu pentingnya profesionalisme, memiliki daya saing, menjalin networking, serta menguasai bahasa asing,” ujar Wijaya dengan tegas.

Baca Juga:  Tiga Kendaraan Baru Chevrolet Jajal Medan Tangkuban Perahu Di Jawa Barat

Dalam sesi kedua seminar nasional tersebut dimoderatori oleh Stand Up Komedian, Eddi Brokoli. Eddi berhasil memandu diskusi dengan menarik. Sehingga, banyak mahasiswa yang bertanya dan mengomentari pernyataan dari pemateri, yaitu Dr Dadang Rahmat Hidayat, M.Si., dan Drs Gungun Siswadi, M.Si.

Dalam diskusi ini, Dr Dadang menyadari bahwa mahasiswa juga harus peka terhadap informasi yang sedang berkembang.

“Mahasiswa sekarang, khususnya mahasiswa ilmu komunikasi harus serba tahu. Bukan hanya hal yang berkaitan dengan ilmu komunikasi, tapi juga berbagai pengetahuan yang ada saat ini. Mahasiswa dituntut untuk peka informasi,”ucap Dadang.

Disisi lain Drs Gungun Siswadi, M.Si., yang juga merupakan alumnus Fikom Unpad sepakat dengan pernyataan tersebut. Menurut Gungun, mahasiswa adalah harapan bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa ini.

Baca Juga:  110 Unit Daihatsu Gran Max “Moko” Ramaikan HUT Bandung ke-207

Mahasiswa adalah ujung tombak bangsa. Harapan bangsa ada pada pundak para mahasiswa. Maka sudah sewajarnya jika mahasiswa mempersiapkan diri dengan memperbanyak ilmu dan pengetahuan sebelum lulus dan berkecimpung di dunia kerja.

“Hal itu harus menjadi bekal untuk memanfaatkan prospek kerja lulusan ilmu komunikasi yang besar dan penuh tantangan,” tutur Gungun.

Dalam kegiatan seminar tersebut juga terlihat hadiri perwakilan Universitas-universitas di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Untuk diketahui, sebelum seminar tersebut dilaksanakan, rangkaian Jatinangor Communication Festival telah dimulai dengan Diskusi Pancasila bersama Kementerian Dalam Negeri di Ruang Oemi Abdurrachman. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat