Pesona Curug Badak Dalam Gunung Galunggung

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Gunung Galunggung sudah menjadi ikon Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dibalik megahnya nuasa alam Gunung Galunggung tidak cuma di sekitar kawahnya saja.

Jika dieksplor lebih dalam, akan ditemukan puluhan curug (air terjun) di sekitaran gunung yang tentu tidak kalah indahnya. Selain Curug Gado Bangkong yang sudah tersohor adalagi Curug Badak yang tak kalah apik bertempat di kaki Gunung Galunggung.

Kucuran air terjunnya memang tidak tinggi, tapi yang membuat menarik adalah aliran airnya yang menyapu sela-sela batuan besar mirip kulit badak. Itulah alasan kenapa curug ini dinamakan Curug Badak.

Baca Juga:  Disparbud Jabar Targetkan 1,57 Juta Wisatawan Mancanegara

Curug Badak sendiri berlokasi di Kampung Cicurug Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya. Akhir-akhir ini mulai banyak pelancong yang berdatangan ke lokasi tersebut. Bahkan, lokasi ini sangat cocok untuk olahraga sepeda gunung. Sebab, track-nya cukup menantang.

Di lokasi ini, para pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat asri dengan udaranya yang segar. Di sana juga terdapat kumpulan bebatuan yang indah dengan dialiri air yang mengalir. Jika, aliran sungai sedang tenang pengunjung juga bisa berenang di kolam. Keindahan pemandangan alam ini dijamin bisa melepas penat.

Baca Juga:  Sungai Citatih Meluap, Puluhan Rumah Warga Cicurug Sukabumi Terendam Banjir

Untuk sampai ke lokasi, para pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Jalan menuju Curug Badak ini melewati perbukitan, lembah dan jalan setapak di tengah sawah. Meskipun demikian, kelelahan akan terbayar dengan indahnya panorama alam di sepanjang jalan menuju ke Curug Badak.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Amankan Peringatan Waisak

Karena belum dikelola secara profesional, di lokasi tersebut belum tersedia banyak fasilitas yang mumpuni. Meskipun begitu, di sana sudah tersedia MCK dan area parkir.

Jadi, jika berkunjung ke Gunung Galunggung tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu menelusuri sejumlah keindahan alam lainnya yang tersembunyi. Salah satunya Curug Badak. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat