Ternyata Inilah 3 Makanan Yang Membuat Kulit Lebih Berminyak

JABARNEWS | BANDUNG – Masalah yang satu ini merupakan salah satu masalah wajah yang memang dapat membuat rasa percaya diri menurun. Selain perawatan kulit yang salah, ada juga penyebab lain yang bisa membuat kulit jadi mengkilap minyak. Ya, memang ada beberapa makanan penyebab kulit berminyak. Apa saja jenis makanan penyebab kulit berminyak?

Umumnya, tiap kulit memiliki kelenjar minyak dan sebum yang fungsinya untuk mengeluarkan minyak pada pori-pori kulit. Sebetulnya minyak di kulit pun tidak selalu buruk kehadirannya, karena minyak pada kulit berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit wajah.

Selain itu, penyebab kulit wajah berminyak antara lain adalah hormon yang tidak seimbang, genetika atau keturunan, stres, serta penggunaan kosmetik yang salah atau tidak cocok. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat membuat kulit wajah semakin berinyak, diantaranya:

Baca Juga:  Gus Menteri Pastikan Tidak Ada Penambahan Pendamping Desa, Akan Fokus pada Hal Ini

1. Beras Dan Gandum Putih

Beras dan gandum putih (seperti tepung terigu) umumnya mengandung serat yang baik untuk tubuh. Namun sayangnya ketika diproses untuk diolah, kedua sumber makanan tersebut banyak yang kehilangan serat dan nutrisinya.

Beras dan gandum putih juga mengandung indeks glikemik tinggi yang akan berimbas pada gula darah anda. Nah, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa makanan tinggi glikemik dapat membuat kulit memproduksi minyak dan jerawat berlebih. Untuk menurunkan indeks glikemik, gantilah nasi putih dengan nasi merah dan pilih roti yang dibuat dari gandum utuh (whole wheat).

2. Makanan Manis Bergula

Makanan manis dan mengandung gula pastinya juga punya kadar glikemik yang tinggi. Menurut Lela Altman, seorang dokter dari Bastyr Center for Natural Health, untuk menghindari kulit berminyak anda harus mengurangi makan makanan manis.

Baca Juga:  Ribuan Mahasiswa Ikuti Kegiatan Mokaku UPI 2019

Altman menyarankan untuk menjalankan diet yang kaya akan buah, sayuran, dan serat dengan kadar gula rendah seperti gula tebu dan sirup jagung, sebagai cara alami untuk mencegah munculnya jerawat. Kurangi makanan bergula seperti permen, kue, dan makanan ringan lainnya.

Konsumsilah makanan dengan pemanis alami seperti buah, ubi, mangga, dan apel. Smoothies buah dan air putih dengan lemon adalah alternatif minuman sehat yang bisa anda konsumsi.

3. Lemak

Santapan berlemak memang sudah umum bisa menyebababkan kulit berminyak dan jerawat. Namun ada sumber lemak baik lainnya yang bagus dan bisa mengontrol lemak jahat penyebab jerawat muncul. Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak baik yang memiliki zat antiradang.

Baca Juga:  Sempat Dikira Waria, Polisi Sebut Mayat Mengambang di Kolam Galian Sergai Perempuan

Mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 dapat mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena itulah tubuh akan jauh lebih sehat dan akan membantu anda memiliki kulit yang bebas jerawat sekalipun anda memiliki kulit berminyak. Anda bisa mengonsumsi sumber makanan berlemak sehat seperti buah alpukat, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih berminyak. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari hellosehat.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat