bjb

Nafsu Makan Bertambah Saat Menstruasi, Ini Penjelasannya

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti kita ketahui, setiap bulan wanita akan mengalami menstruasi dan untuk beberapa wanita, setiap bulan pula ia punya keinginan ngemil paling dahsyat. Wajar sekali jika keinginan ngemil anda bertambah saat menjelang atau selama menstruasi, umumnya karena faktor hormon.

Hal ini dibenarkan ahli terapi seksual Dr. Deb Laino bahwa memiliki nafsu makan dan ngemil besar sebelum dan selama menstruasi bukan hanya normal, namun juga respon unik tubuh disebabkan adanya perubahan hormon.

Naik turunnya hormon estrogen, progesteron, serotonin dan kortisol adalah bagian dari siklus menstruasi itu sendiri. Dr. Deb Laino menjelaskan, kadar serotonin (hormon yang dibuat sel-sel saraf yang mengatur tingkat kecemasan dan kebahagiaan, cenderung berkurang sebelum menstruasi dan inilah yang sering membuatmu sensitif.

Dalam waktu bersamaan, hormon kortisol juga dilepaskan lebih banyak sehingga membuat tubuh stres. Tingkat hormon yang kacau ini otomatis mengacaukan suasana hati dan nafsu makanmu.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dr. Deb Laino menyarankan untuk berolahraga. Karena keinginan ngemil setiap orang berbeda-beda, untuk cara terbaik mengatasinya adalah dengan olahraga, karena olahraga bisa membantu regulasi hormon yang tidak seimbang dalam tubuh.

Tak hanya itu, ia pun mengatakan bahwa sebaiknya tidak perlu menahan diri terlalu keras untuk tidak ngemil karena itu justru bisa memicu stres, dan ini bisa lebih buruk.

Jadi, tidak perlu merasa bersalah ketika ingin ngemil selama menstruasi, ikuti saja alurnya. Jika takut gemuk, anda bisa membakar kalori dengan olahraga lebih banyak setelah menstruasi berakhir. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi