Jorok, Namun Inilah 4 Fakta Menariknya Soal Ngupil

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti anda ketahui, ngupil memang menjanjikan kenikmatan tersendiri, terlebih lagi saat sedang "mager", jari-jari tangan pasti sudah terasa gatal untuk mengobok-obok lubang hidung dan menemukan “harta karun”.
Tapi, disamping nikmatnya ngupil, muncul beberapa mitos yang menyertainya. Mulai kebiasaan ngupil yang katanya menyehatkan sampai bikin mimisan. Mana yang benar, ya?
Berikut di bawah ini adalah 4 fakta dan mitos soal ngupil, diantaranya:
1. Upil Hanya Kotoran Hidung Dan Tidak Memiliki Manfaat
Menurut anda, pernyataan diatas mitos ataukah fakta? Jika anda berpikir ini hanyalah mitos, maka anda salah besar.
Upil sebenarnya merupakan lendir hidung yang mengering. Lendir tersebut sangat berfungsi dalam pertahanan tubuh, terutama untuk menyaring debu dan partikel asing yang terhirup ketika bernapas.
2. Upil Dan Lendir Pertanda Munculnya Infeksi Di Hidung Atau Saluran Pernapasan
Orang sehat pun sebenarnya tetap memiliki upil dan lendir hidung. Namun bedanya ketika sakit, maka jumlah lendir hidung pun meningkat dan menyebabkannya keluar dari rongga hidung alias ingusan.
3. Makan Upil Membuat Tubuh Lebih Sehat
Soal pernyataan yang satu ini memang ada penelitian bahwa makan upil dapat meningkatkan imun tubuh. Katanya dengan makan upil, tubuh bisa mengenal materi asing sehingga bisa meningkatkan sistem imun.
Kendati seperti itu, pernyataan yang disampaikan profesor biokimia di University of Saskatchewan Canada, Dr. Scott Napper, ini masih terbatas dan belum ada bukti jelas. Jadi, jangan coba-coba makan upil ya.
4. Kebiasaan Ngupil Membuat Sering Mimisan
Jika terlalu sering dan bersemangat saat ngupil, maka anda bisa mimisan alias mengeluarkan darah dari lubang hidung. Namun ternyata hal itu bukanlah mitos belaka. Ngupil bisa menyebabkan luka pada lapisan dalam hidung dan terjadilah pendarahan.
Meski seperti itu, biasanya darah yang keluar tidaklah terlalu banyak dan darah ini juga bisa berhenti dengan cepat tanpa perlu perawatan lebih lanjut.
Nah, itulah tadi 4 fakta menarik dan mitos soal ngupil. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)
Sumber berita ini diambil dari klikdokter.com
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait