Inilah Yang Membuat Masakan Anda Jadi Tidak Sehat

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui, salah satu cara untuk mendapatkan makanan olahan yang diinginkan adalah dengan memasak. Selain bahan-bahan yang diketahui kualitasnya, kebersihan juga menjadi keunggulan jika anda memasak sendiri di rumah.

Gemar memasak olahan yang dapat mengimbangi gaya hidup sehat anda? Maka perhatikanlah beberapa hal berikut ini yang sebaiknya dihindari agar makanan sehat tidak berujung menjadi bahaya, diantaranya yaitu:

Overcooking

Menjadi perdebatan, sayuran mentah dianggap sebagai salah satu cara mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selama anda mengolah dengan cara dan waktu yang tepat, maka sayuran yang dimasak pun tidak akan kehilangan banyak nutrisi. Menurut New York Times, makanan yang terlalu lama dimasak akan kehilangan 15-55% nutrisinya. oleh karena itu, ada baiknya untuk mencari tahu durasi yang tepat untuk memasak bahan makanan yang sudah anda siapkan.

Baca Juga:  Dari Solat Hingga Itikaf, Kini Warga Bogor Diizinkan Gunakan Masjid

Terlalu banyak garam

Garam umum digunakan untuk memberi rasa pada makanan, namun tidak buruk, sebaiknya hindari penggunaan garam yang berlebihan karena bisa berdampak pada kesehatan. Daripada mencari kenikmatan dengan garam, tidak ada salahnya memperkaya rasa pada makanan dengan rempah-rempah lain yang mudah anda temukan.

Baca Juga:  Polda Jabar Lakukan Tes Psikologi Seleksi PAG kepada 350 Peserta

Salah menggunakan minyak

Beberapa minyak seperti minyak kelapa dan minyak zaitun memang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh anda, namun tidak semua minyak bisa digunakan untuk memasak. Temperatur yang terlalu tinggi dapat merusak nutrisi dalam minyak zaitun dan mengubahnya menjadi racun. Jika anda tetap ingin memasak dengan minyak pilihan, perhatikan batas temperatur yang sebaiknya digunakan atau ganti dengan minyak lain seperti grapeseed atau avocado oil.

Mengupas sayur dan buah

Banyak tambahan nutrisi yang bisa anda dapatkan dari beberapa kulit buah dan sayur seperti apel, kiwi, wortel dan kentang. Sebelum mengupasnya, cari tahu terlebih dahulu buah dan sayur apa yang sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya agar tidak kehilangan nutrisi tambahan.

Baca Juga:  Sarden Bercacing, Menkes: Nggak Kenapa-kenapa

Nah itulah tadi beberapa hal yang wajib anda perhatikan dan sebaiknya dihindari agar makanan sehat tidak berujung menjadi bahaya. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi anda dan menginspirasi. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat