bjb

Inilah Tips Merawat Kulit Sensitif Saat Hamil

JABARNEWS | BANDUNG - Perlu Anda ketahui bahwa tak hanya kesehatan, perawatan kulit pun turut menjadi perhatian utama bagi para ibu hamil.

Menurut dokter ahli kandungan, hal ini dialami oleh sekitar 72% ibu hamil sejak trimester pertama dan berikut di bawah ini adalah tips merawat kulit sensitif pada masa kehamilan, diantaranya:

Menjaga Asupan Makanan
Menjaga asupan dan pola makan yang tepat adalah upaya primer yang dapat ibu hamil lakukan untuk memelihara kulit. Pilih makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti alpukat, tomat dan beberapa kelompok buah beri. Sedangkan untuk asupan minuman, setidaknya konsumsi air putih sebanyak 11 gelas/hari. Selain itu, konsumsi susu, jus buah, makanan berkuah dan minuman sehat secara teratur untuk meningkatkan cairan di dalam tubuh.

Rutin Menggunakan Pelembap
Tip menjaga kulit sensitif pada masa kehamilan lainnya adalah dengan menjaga kelembapan. Gunakan moisturizer pada seluruh bagian tubuh, baik kulit wajah, kaki, tangan dan bagian lainnya. Aplikasikan pelembap atau moisturizer setelah habis mandi, setelah cuci muka bahkan saat kulit mulai terasa kering. Sedangkan untuk pemilihan sabun wajah, sebaiknya gunakan yang memiliki kandungan pelembap yang cukup tinggi. Hindari produk kecantikan dengan kandungan turunan vitamin A, antibiotik minosiklin, asam salisilat, hidroquinon, serta isotretinoin & icitretin.

Gunakan Tabir Surya
Hindari dampak buruk dari paparan sinar ultraviolet yang berisiko meningkatan sensitivitas kulit serta membahayakan janin dengan menggunakan tabir surya. Pada masa kehamilan, sinar matahari dapat memberi dampak lebih cepat pada kulit yaitu mask of pregnancy atau melisma, bercak hitam yang muncul pada bagian wajah.

Gunakan Masker Bahan Alami
Jika berencana mencoba DIY masker wajah alami, gunakan bahan yang tidak menimbulkan efek samping seperti jeruk nipis dengan telur, masker tomat, bengkuang, atau papaya. Anda dapat mencoba buah tomat yang kaya akan vitamin dan baik menjaga kesehatan kulit sensitif. Haluskan buah tomat dan campuran perasan jeruk nipis. Aplikasikan pada wajah lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin sampai bersih dari sisa masker.

Perhatikan Kandungan Produk
Meski efektif mengatasi berbagai masalah kulit, tidak semua bahan kandungan bersahabat untuk ibu hamil. Terdapat beberapa kandungan yang sebaiknya dihindari pada masa kehamilan karena dapat membahayakan janin. Jauhkan produk berlaberl, retin-A, retinol, benzoyl peroxide, serta berbagai bahan kimia berbahaya lainnya.

Itulah tadi diantaranya beberapa tips merawat kulit sensitif pada masa kehamilan. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari glitzmedia.co

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi