bjb

Memiliki Masalah Pada Bibir? Coba 2 Cara Membuat Lip Balm Berikut Ini

JABARNEWS | BANDUNG - Anda mungkin pernah merasa kurang percaya diri saat bibir kering, bahkan sampai pecah-pecah. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan menggunakan pelembab bibir atau lip balm. Akan tetapi, mungkin sulit bagi Anda untuk menemukan lip balm dengan formula yang paling pas di bibir. Namun tenang saja, Anda bisa membuat lip balm sendiri di rumah.

Kulit bibir manusia memang sangat tipis. Suplai darah sangat dekat dengan permukaan kulit bibir Anda, itulah sebabnya bibir tampak merah jambu atau merah.

Selain itu, bibir tidak mengandung kelenjar minyak, sehingga kulit bibir tidak menghasilkan minyak alami seperti kulit Anda lainnya. Akibatnya, bibir menjadi dehidrasi atau kering dan pecah-pecah lebih cepat daripada kulit Anda lainnya.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, Anda mungkin akan menambahkan kelembapan bibir dengan menjilat sehingga bibir menjadi basah dan tidak kering lagi. Namun, hal ini hanya memberi efek sementara.

Setelah air liur mengering, dibutuhkan kelembapan alami di bibir Anda dan bahkan bibir Anda akan lebih kering dari sebelumnya. Semakin Anda sering menjilat bibir Anda, akan semakin kering bibir Anda.

Pelembap bibir yang efektif perlu menjadi minyak alami untuk kulit bibir Anda agar bibir tetap lembap dan terlindungi dari kondisi lingkungan yang mengering.

Oleh karena itu, memakai pelembab bibir atau lip balm penting untuk menjaga kesehatan bibir Anda. Lip balm membantu melembapkan bibir Anda dan membuat bibir lebih kenyal. Lip balm juga membantu mencegah bibir dari kerusakan seperti pecah-pecah sampai luka.

Membuat lip balm sendiri di rumah tidak kalah manfaatnya dengan produk lip balm yang ada di pasaran. Justru, lip balm buatan sendiri umumnya tidak mengandung bahan kimia buatan.

Kulit di bibir Anda cenderung sensitif, terutama saat sedang pecah-pecah. Banyak orang yang memiliki reaksi tidak baik pada bahan kimia dan pengawet yang keras dalam lip balm komersial. Lip balm buatan sendiri hanya mengandung bahan alami, dan jauh lebih lembut di bibir Anda.

Terlebih lagi, pada beberapa lip balm dari pabrik mengandung bahan seperti fenol, mentol, dan asam salisilat yang dapat membuat bibir menjadi lebih kering. Jadi saat memakainya Anda harus mengoleskan lebih banyak di bibir, dan akan begitu terus setiap harinya.

Selain itu, bahan-bahan tersebut sering menyebabkan iritasi pada beberapa orang. Sebaiknya, jika Anda ingin membeli lip balm yang ada di pasaran, hindari bahan-bahan tersebut.

Cara membuat lip balm alami :
1. Lip balm dengan madu dan minyak esensial

  • Bahan yang perlukan: Lip balm buatan sendiri mengandung beberapa bahan seperti madu, beeswax (lilin lebah), dan minyak esensial. Madu penting untuk membuat lip balm alami karena memiliki sifat humektan (zat yang menjaga kelembapan) alami yang menarik uap air dari udara untuk menjaga bibir Anda tetap kenyal dan lembab. Beeswax memberikan stabilitas pada lip balm. Sementara, minyak esensial menjaga lip balm menyebar dan memberikan tingkat perlindungan ekstra. Pilihan minyak esensial yang efektif untuk lip balm termasuk minyak almond, minyak kernel aprikot dan minyak wijen. Selain itu minyak biji anggur dan minyak zaitun juga bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Cara membuat: Panaskan dua ons minyak esensial dan 1/4 ons beeswax, sampai beeswax meleleh dan menyatu dengan minyak esensial. Pindahkan bahan tersebut ke wadah kaca, lalu tambahkan satu sendok teh madu. Kocok bahan-bahan tersebut dengan mixer dengan kecepatan rendah, sampai mencapai konsistensi yang Anda inginkan (sampai cukup lembut). Pindahkan lip balm alami dalam wadah kecil yang bisa di tutup rapat. Disarankan untuk dimpan di tempat kering dan sejuk agar dapat tahan lebih lama.
    Catatan: Jangan memanaskan beeswax langsung di atas nyala api. Sebaiknya lelehkan beeswax dengan cara dikukus.


2. Lip balm dengan shea butter 

  • Bahan yang diperlukan: Lanolin dan minyak zaitun (melindungi bibir dari kerusakan), shea butter (mengandung vitamin A dan E yang dapat menenangkan dan melembapkan bibir pecah dan kering), beeswax.

  • Cara membuat:
    Lelehkan beeswax dengan cara dikukus. Setelah itu, elehkan shea butter dan lanolin di wadah lain sampai meleleh, kira-kira selama 2-3 menit sambil diaduk. Pindahkan shea butter dan lanolin yang sudah meleleh ke wadah lain, dan tambahkan 1 sdt minyak zaitun, aduk rata. Kemudian tambahkan beeswax yang dilelehkan ke campuran bahan tersebut. Aduk perlahan sampai rata dan pindahkan shea butter lip balm ke wadah plastik, dan biarkan dingin selama setidaknya 4 jam.


Itulah tadi cara sederhan untuk membuat lip balm sendiri dirumah. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. Selamat mencobanya!

Sumber berita ini diambil dari hellosehat.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi