Selain Hubungkan Dua Wilayah, Jalan “Siliwangi” BSMSS Tingkatkan Ekonomi Warga

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Berkat adanya program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) yang dilaksanakan Kodim 0619 Purwakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Purwakarta dan masyarakat, saat ini jalan yang berada di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur sudah selesai dibangun.

Jalan yang dibangun dalam program BSMSS tersebut juga menghubungkan dua desa yang berada di dua Kecamatan berbeda, yaitu Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur dan Desa Tajursindang Kecamatan Sukatani.

Saat ini jalan yang diberinama warga dengan nama jalan Siliwangi tersebut sudah bisa dimanfaatkan warga untuk berbagai aktifitas setelah sebelumnya diresmikan langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 063/ Sunan Gunung Jati (SGJ) Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.IP, pada Rabu (24/05/2017).

Baca Juga:  Wow! Ternyata Ini Penyebab Kopling Motor Slip Saat Mesin Panas

Danrem 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.IP, saat meninjau pembangunan jalan yang selesai dibangun melalui program BSMSS, Rabu (24/05/2017). (Foto: Red)

Camat Jatiluhur, Asep Supriatna mengaku sangat senang atas pembangunan jalan melalui program BSMSS, karena dengan adanya program tersebut, jalan yang berada di Desa Cibinong bisa dibangun dan selesai dengan cepat.

“Alhamdulillah apa yang diharapkan warga Desa Cibinong selama ini terkait jalan yang bagus sudah terpenuhi,” ungkap Asep saat ditemui belum lama ini.

Asep menjelaskan, selain menghubungkan dua Kecamatan, jalan Siliwangi BSMSS tersebut selain memperlancar akses transportasi, juga akan meningkatkan taraf ekonomi warga.

Baca Juga:  Right Issue Bank Bjb, Tawarkan 925 Juta Lembar Saham Baru Ke Publik

Jalan Siliwangi ini salah satu akses menuju salah satu destinasi wisata kebanggaan Kabupaten Purwakarta yaitu Gunung Parang.

Sebelum jalan ini dibangun, untuk bisa tiba dilokasi Gunung Parang, para wisatawan harus melewati jalur Plered Tegalwaru yang membutuhkan waktu 3 jam, dengan adanya jalur ini jarak yang ditempuh cukup singkat hanya dengan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota.

“Saya sudah melakukan koordinasi dengan Kades Cibinong agar disepanjang jalan Siliwangi segera ditata sedemikian rupa, seperti menciptakan pusat kuliner, adanya saung-saung tradisional yang dapat menarik perhatian pengguna jalan nantinya,” jelas Asep.

Asep menambahkan, selain di Desa Cibinong, Ia juga sudah melakukan koordinasi kepada setiap Kepala Desa yang ada di Kecamatan Jatiluhur agar lebih kreatif menciptakan lingkungan yang indah sehingga nantinya disetiap desa yang ada di Kecamatan Jatiluhur memiliki lokasi wisata yang mampu menciptakan dan meningkatkan nilai ekonomi warganya.

Baca Juga:  Rumah Makan Berkonsep Syariah

Selaku Camat, Asep akan mendorong setiap desa bisa miliki Bumdes untuk menyentuh pariwisata tidak hanya simpan pinjam yang selama ini sudah berjalan.

“Apa yang saya lakukan ini sesuai instruksi Pak Bupati, yaitu untuk membuat Purwakarta bangkit melalui Pariwisata, dan di daerah Jatiluhur ini akan kita tata sedemikian rupa tidak hanya di Desa Cibinong saja,” tegas Asep. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat