Pencairan Dana Desa 2, Tunggu Semua Usulan

JABARNEWS | CIAMIS – Bantuan Dana Desa (DD) tahap 1 di Kabupaten Ciamis sudah cair ke semua desa. Dan untuk tahap 1 tahun 2018 ini, tersalurkan ke 258 desa dari 27 Kecamatan. Ratusan desa tersebut sudah menerima transferan DD tahap 1 sebesar 20 persen dari total.

“Semua desa sudah menerima DD tahap 1, sekarang tinggal proses pencarian tahap kedua,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Ciamis H Lily Romli, dikutip kabarpriangan.co.id.

Baca Juga:  Didukung Ulama Dan Santri, PDI Perjuangan Yakin Jokowi Menang Telak Di Purwakarta

Untuk pencairan DD yang kedua lanjutnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Ciamis saat ini baru menerima usulan pencairan dari 12 desa.

Sisanya belum memberikan atau mengajukan. Usulan sendiri berupa Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan Dana Desa tahap satu. Padahal, idealnya dana desa tahap 2 ini harus sudah disalurkan bulan Mei dan Juni 2018.

“Mungkin kendalanya sebagian desa belum menyelesaikan proses pembangunan dari DD tahap 1, sehingga belum juga menyerahkan usulan pencairan DD tahap 2, atau mungkin masih ada berkas yang belum selesai atau lengkap,” ujarnya.

Baca Juga:  Yossi-Aries Janji Atasi Masalah Sampah Di Kota Bandung

Karena itu, pihaknya akan melakukan monev ke setiap kecamatan dan desa untuk melihat proses penggunaan dana desa tahap 1 serta membantu agar desa segera menyelesaikan pembangunan dan menyerahkan SPJ, agar Dana Desa tahap 2 bisa segera disalurkan.

“Kita harap semua desa bisa segera mengajukan usulan, sehingga bisa langsung kita proses,” jelas Lily.

Dana desa tahap kedua ini diserahan sebesar 40 persen dari total DD tahun 2018, nanti 40 persen lagi disalurkan di tahap ketiga.

Baca Juga:  Polisi Tembak Satu Terduga Teroris

Seperti diketahui pada tahun anggaran 2018, Kabupaten Tasikmalaya bakal menerima kucuran Dana Desa (DD) sebesar Rp.322 miliar.

Kepala DPM DPAKB Kabupaten Tasikmalaya, H Wawan Ridwan Effendi mengatakan, untuk besarannya paling tertinggi pemerintah desa ada yang mendapatkan bantuan Dana Desa Rp 1,4 miliar dan terendah Rp 700 juta. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat