bjb

Warga Jabar Asal Sulsel Dukung Demiz Di Pilgub Jabar

JABARNEWS | BANDUNG - Dukungan suara terhadap calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 terus bergulir. Bahkan Deddy Mizwar pun mendapat dukungan dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Jawa Barat.
Sedikitnya 60 ribu masyarakat Sulawesi Selatan yang sudah menetap di Jawa Barat.
"Kegiatan ini awalnya murni hanya silaturahmi melalui acara buka bersama, sudah terencana sebelumnya. KKSS sendiri kan organisasi non politik, tapi tiap individu punya hak pilih masing-masing. Dan tadi Pak Deddy memang menyampaikan maksudnya untuk Pilgub Jabar," ungkap Ketua KKSS Jabar, Asri Sri Wulandari, kepada wartawan, Minggu (27/5/2018).
Asri mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan calon Gubernur Jawa Barat ini pada Sabtu (26/5/2015) kemarin. Menurutnya baru kali ini WKSS Jabar mendapat kesempatan bertemu dengan Demiz. Namun, karena dulu Demiz terlalu sibuk sebagai Wakil Gubernur, maka baru kali ini bisa hadir.
"Pak Deddy itu sudah dari tahun 2013 kita tunjuk sebagai dewan kehormatan KKSS Jabar, setelah kami mengetahui silsilah beliau. Tapi kali ini kita berkesempatan bertemu beliau," papar Asri.
Dalam pertemuan itu, masyarakat Sulawesi Selatan melalui KKSS memberi gelar Daeng kepada Deddy Mizwar. Gelar ini merupakan bentuk kehormatan untuk seseorang yang memiliki kedekatan bagi masyarakat Sulawesi Selatan.
"Hari ini kami mengangkat beliau dengan gelar Daeng. Itu sebutan kehormatan yang artinya kakak atau kang mas kalau di Jawa. Itu adalah panggilan kehormatan sebagai saudara yang siap maju di depan," katanya.
Asri menambahkan, antara Sulawesi Selatan dengan suku Bugisnya sudah sangat lekat dengan Jawa Barat yang bersuku Sunda. Jika melihat jejak sejarah, beberapa tokoh masyarakat Sulawesi Selatan turut berjuang di masa penjajahan, mempersatukan masyarakat Sunda.
"Sangat (dekat). Paguyuban Pasundan yang mendidirkan itu orang Sulawesi Selatan (Daeng Kanduruan Ardiwinata) . Dan biasanya setiap kegiatan KKSS pasti dihadiri Ketua Paguyuban Pasundan, Prof Didi Turmudzi. Beliau sangat dekat dengan kami," kata Asri.
Sementara itu Deddy Mizwar menegaskan pertemuan dengan KKSS itu hanya bentuk silaturahim di bulan Ramadhan. Namun Demiz juga mengakui harapannya akan dukungan dari KKSS untuk Pilgub Jabar 2018.
"Ya mudah-mudahan saja, karena semua sudah tau ada pilgub. Semoga dapat dukungan dari KKSS," katanya. (wan)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait