Amankah Minum Es Saat Hamil? Simak Ulasan Berikut Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui bersama, minum es ketika cuaca panas memang paling enak bukan? Dan sebagian orang mungkin akan mengunyah es batunya. Beberapa perempuan pun bahkan menjadi hobi makan es batu saat hamil, meski sebelumnya tidak pernah melakukan demikian. Lalu apakah ini aman untuk kesehatan janin dalam kandungan?

Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan jadi suka memakan es batu saat hamil, padahal sebelumnya Anda tidak doyan memakan es batu. Ini karena salah satu tanda awal kehamilan adalah ngidam makan makanan yang aneh, bahkan sesuatu yang sebenarnya tidak untuk dimakan. Dorongan memakan suatu yang sebenarnya minim gizi, atau bahkan tidak bergizi sama sekali, ini disebabkan oleh pica.

Baca Juga:  Informasi Penting Bagi Anda yang Kurang Tidur

Pica adalah ganggguan makan yang umumnya banyak terjadi pada anak-anak, namun ini juga kerap dialami oleh ibu hamil. Tidak ada yang tahu apa yang menjadi penyebab pica atau ngidam saat hamil, namun banyak yang percaya bahwa ini dipengaruhi oleh perubahan hormon tubuh.

Seorang direktur asosiasi di NYU Medical Center di New York, Andrei Rebarber, MD mengungkapkan bahwa ada sebuah teori yang menjelaskan kondisi tersebut merupakan cara tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang kurang dapat terpenuhi dari makanan yang sangat diinginkan.

Baca Juga:  Pengumuman! Ini Lho Aturan Terbaru Penumpang KRL Saat New Normal

Kecenderungan makan es batu juga dapat menunjukkan gejala anemia defisiensi zat besi, yang umum terjadi selama masa kehamilan, dan gejala stres berat sebagai cara mengalihkan pikiran berkat sensasi dinginnya.

Lalu, amankah sering makan es batu saat hamil? Perlu Anda ketahui, es batu bukanlah suatu zat yang berbahaya dan tentunya aman untuk dikonsumsi. Hingga saat ini belum ada penelitian yang mampu membuktikan efek negatif dari mengunyah es batu saat hamil, selain kerusakan gigi, sakit gusi, dan menyebabkan sakit tenggorokan.

Makan es batu saat hamil tidaklah bermasalah, meski mungkin kebiasaan ini mencerminkan suatu penyebab di baliknya. Oleh karena itu, konsultasikanlah kondisi Anda dengan dokter kandungan Anda.

Baca Juga:  Tanggapi Hasil Survei Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Ya Segitu Juga 'Uyuhan'

Yang juga perlu dipahami, jika es batu dikonsumsi secara berlebihan dan sang ibu tidak memenuhi asupan nutrisinya, maka tubuhnya akan terus kekurangan gizi yang dapat menghambat tumbuh kembang sanng bayi.

Maka penting bagi Anda untuk terus memperhatikan asupan makanan Anda sehari-hari. Pertimbangkan juga untuk mengganti es batu dengan buah dingin misalnya, seperti anggur, stroberi, atau buah beri yang jauh lebih segar, lebih sehat, dan lebih enak rasanya. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat