bjb

Wajib Dibaca, Inilah Tips Aman Mengendarai Motor Bagi Jurnalis Wanita

JABARNEWS | BANDUNG - Dengan seiring perkembangan zaman, saat ini perempuan memiliki aktivitas dan mobilitas yang tak kalah tinggi. Bukan hal yang mengherankan lagi jika para perempuan masa kini naik kendaraan bermotor untuk mendukung kegiatannya sehari-hari.

Salah satu kendaraan yang banyak dipilih perempuan adalah motor. Terlebih lagi motor matic yang sangat mudah dioperasikan. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kesadaran dalam berkendara yang aman dan nyaman demi keselamatan. Meski sudah memiliki motor, nyatanya belum semua orang paham pentingnya safety riding.

Hampir semua jurnalis perempuan saat ini mengendarai motor setiap harinya untuk bekerja, dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Tentunya risiko di jalan raya pun sangat besar mereka hadapi.

Ada tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yaitu faktor kendaraan, lingkungan dan cuaca, serta faktor manusia (human error). Dalam sebuah survei menunjukkan bahwa 90% penyebab tingginya kecelakaan di jalan raya adalah human error.

Selain itu, seringkali para perempuan mengabaikan keselamatan demi alasan yang kurang esensial. Misalnya memegang setir dengan tangan posisi terbalik karena takut punggung tangan gosong terkena paparan sinar matahari. Atau mengenakan baju panjang saat dibonceng, sehingga menutupi lampu belakang motor.

Hal tersebut tentunya sangat membahayakan pengemudi di belakangnya karena tidak bisa melihat ke mana arah lampu sein dinyalakan. Selain itu, kostum saat berkendara pun akan mempengaruhi. Berikut di bawah ini beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, di antaranya:

Peralatan Dasar
Saat mengendarai sepeda motor, Anda jangan malas untuk memakai helm. Jangan takut rambut Anda akan menjadi kusut atau lepek, sebab keselamatan di jalan harus diutamakan. Pakailah helm dengan standar nasional. Di samping itu, memakai jaket juga sangatlah dibutuhkan jika Anda menempuh jarak yang cukup jauh. Selain untuk melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari dan debu, memakai jaket juga meminimalisir Anda terserang masuk angin. Anda pun disarankan untuk memakai masker untuk terhidar dari debu saat berkendara.

Tidak Memakai Sepatu Hak Tinggi
Jika Anda ingin nyaman saat berkendara, pilihlah alas kaki senyaman mungkin. Anda bisa menggunakan flat shoes atau sepatu olahraga. Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan Anda dalam mengendarai motor.

Hindari Memakai Rok
Sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai sepeda motor untuk memakai rok. Terlebih lagi jika memakai rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak. Anda tentunya ingin menghindari rok tersingkap di tempat umum karena angin akan terasa lebih kencang jika naik sepeda motor bukan? Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, ada baiknya pakai dulu celana yang nyaman dipakai, baru Anda dapat menggantinya dengan rok di toilet terdekat.

Memilih Tas
Saat mengendarai sepeda motor, pilihlah tas yang mudah dibawa karena kedua tangan Anda akan dipakai untuk berkendara. Anda bisa memilih sling bag, backpack, atau totebag yang bisa dimasukkan ke dalam bagasi motor. Hindari memakai handbag dan shoulder bag. Selain sulit dibawa, memakai shoulder bag saat mengendarai motor sangatlah berisiko memancing tindakan kriminal seperti penjambretan yang kini sedang marak.

Surat Penting
Simpan SIM, STNK dan surat penting lainnya dalam satu tas khusus dengan kartu ATM, KTP, ID Card Pers dan surat penting lainnya. Anda bisa gonta-ganti tas ransel/tas lainnya, namun tas selempang khusus surat dan kartu penting ini wajib selalu dibawa kemanapun Anda pergi, bahkan ketika tidak membawa motor sekalipun. Tas selempang ini lebih mudah dan aman menyimpang surat penting dibandingkan dompet yang mempunyai keterbatasan tempat. Tas selepang seperti ini memiliki banyak ruang dan bagian, hingga handphone dan charger pun bisa masuk. Pastikan sebelum pergi semua perlengkapan surat sudah pada posisinya di tas selempang. Sistem satu pintu untuk semua surat dan kartu penting ini meminimalisir Anda lupa membawa SIM dan STNK yang tentu berakibat fatal ketika ada razia.

Taat Rambu Lalu Lintas
Berani membawa kendaraan artinya harus siap mentaati peraturan di jalan. Pelajari dan pahami rambu-rambu lalu lintas, marka jalan dan situasi di jalanan. Jangan melewati garis putih ketika berhenti di lampu merah, jangan menerobos ketika seharusnya berhenti, jangan menyalip kendaraan jika kondisi tidak memungkinkan, jangan memacu kendaraan seperti pembalap, dan peka jika ada pengendara lain yang membutuhkan pertolongan. Taat rambu dan marka jalan bukan karena takut pada polisi namun demi keselamatan diri dan orang lain.

Berdoa
Sehandal apapun Anda naik motor, kuasa Allah itu tidak boleh dilupakan. Ucapkan doa sebelum berangkat, terus berzikir sepanjang perjalanan dan ucapkan Alhamdulillah ketika sudah sampai dengan selamat. Untuk penganut agama lain, tata cara berdoa bisa disesuaikan.

Itulah tadi beberapa tips aman mengendarai motor bagi jurnalis wanita. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi