bjb

Kebiasaan Mandi Ini Ternyata Dapat Merusak Kulit Sehat Anda

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti kita ketahui, mandi menjadi kegiatan pertama yang dilakukan untuk memulai hari agar tubuh menjadi terasa segar saat beraktivitas. Di pagi yang dingin, mandi menggunakan air panas menjadi pilihan bagi orang-orang, namun mandi menggunakan air panas rupanya tidak baik untuk kulit Anda.

Sebenarnya ada beberapa kebiasaan mandi yang dapat merusak kulit, mulai dari kulit kering hingga iritasi. Kesalahan apa saja yang harus dihindari agar kulit terjaga kecantikannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Terlalu Sering Mandi
Mandi memang membuat tubuh bersih dan terasa segar, akan tetapi jika terlalu sering mandi, maka kulit akan menjadi kering dan mengikis kelembapan kulit. Seharusnya intensitas mandi disesuaikan dengan padatnya aktivitas Anda sehari-hari. Lumrahnya, mandi sebaiknya cukup dua kali sehari.

Mandi Menggunakan Air Yang Terlalu Panas
Boleh menggunakan air hangat jika Anda menginginkan sensasi relaksasi saat mandi, tapi jangan terlalu panas. Air dengan suhu yang terlalu panas justru dapat menghilangkan minyak alami di dalam kulit Anda. Minyak alami di dalam kulit Anda sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit agar tetap lembap.

Keramas Setelah Mandi
Seperti dikutip dari Koreaboo, ahli dermatologi menyarankan bagi orang-orang dengan kulit sensitif dan rentan terhadap jerawat, agar terlebih dahulu keramas sebelum membersihkan tubuh. Urutan yang direkomendasikan adalah pakai sampo, kondisioner, lalu bilas kondisioner. Setelah semua proses untuk rambut selesai, maka Anda dapat membersihkan tubuh menggunakan sabun mandi. Dengan begitu, residu dari kondisioner bersih tuntas dan tidak meninggalkan 'jejak' di kulit yang bisa menyebabkan jerawatn di punggung maupun wajah.

Menggosok Terlalu Kasar Saat Mengeringkan Tubuh
Jangan menggosok terlalu keras saat mengeringkan badan dengan handuk, karena dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit. Cara terbaik adalah dengan menekan secara perlahan daerah yang basah dengan handuk agar air sehabis mandi dapat terserap sebagian untuk menambahkan kelembapan kulit.

Bercukur Sebelum Mandi
Mencukur rambut-rambut di beberapa bagian tubuh seharusnya dilakukan saat hampir selesai mandi. Jangan pada keadaan kering karena dapat membuat kulit jadi gatal dan iritasi. Akan lebih baik kalau memakai krim atau sabun khusus untuk bercukur.

Tidak Pakai Body Lotion
Menggunakan pelembap adalah hal esensial untuk menjaga kelembutan dan kesehatan kulit. Gunakan pelembap yang setiap hari, minimal 2-3 menit setelah mandi, karena kulit masih sedikit lembap dan lebih efektif menyerap kandungan nutrisi dari body lotion. Untuk kulit kering, moisturizer bertekstur krim akan jauh lebih efektif melembapkan kulit ketimbang lotion atau gel.

Nah itulah tadi beberapa keniasaan mandi yang ternyata dapat merusak kesehatan kulit Anda. Semoga ulasa di atas dapat bergun dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dariĀ  Female Radio

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi