Inilah 5 Penyebab Alis Anda Makin Tipis

JABARNEWS | BANDUNG – Perlu Anda ketahui, masalah kerontokan ternyata tidak hanya mengintai rambut kepala saja, namun alis kita pun dapat mengalaminya. Ketika Anda mulai menyadari adanya gejala kerontokan pada alis, ada baiknya jika Anda segera cari tahu apa penyebab dari kerontokan tersebut agar dapat diatasi dengan segera.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab alis semakin menipis, dan berikut di bawah ini 5 di antaranya:

1. Over-plucking

Plucking merupakan salah satu cara yang umum dilakukan wanita untuk merapikan bentuk alisnya. Cara ini banyak dipilih karena lebih presisi dan dapat membuat rambut alis tumbuh kembali dalam waktu yang lebih lama. Namun, perlu diketahui juga bahwa cara ini dapat membuat alis semakin menipis. Pencabutan rambut alis pada area yang sama secara berulang dapat menyebabkan folikel rusak, melemah, dan berujung dengan terhentinya pertumbuhan rambut.

Baca Juga:  Geger! Penemuan Mayat Tukang Kerupuk di Perkebunan PTPN Purwakarta

2. Penggunaan Kosmetik

Bagi Anda yang gemar merias alis, cobalah untuk lebih berhati-hati saat memilih dan menggunakan produk alis. Ternyata, gesekan antara pensil alis yang terjadi secara berulang dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat merugikan alis. Lama-kelamaan, rambut alis dapat menjadi rapuh dan mudah mengalami kerontokan. Hal ini pun dapat terjadi akibat penghapusan makeup yang terlalu kasar atau penggunaan peel-off eyebrow tattoo yang membuat rambut alis ikut tercabut.

3. Pertambahan Usia

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang umum dialami seseorang yang mulai mengalami penuaan akibat kondisi rambut yang menjadi semakin kering dan mudah rontok. Ternyata, masalah kerontokan ini tak hanya terjadi pada rambut kepala, tetapi juga pada rambut alis. Untuk mencegahnya, pastikan kamu selalu menjaga kulit terhidrasi dengan baik.

Baca Juga:  Soal Terduga Zakiah Aini Teror Mabes Polri, IPW Sindir Listyo Sigit Prabowo

4. Masalah Dengan Kelenjar Tiroid

Kelainan pada kelenjar tiroid, baik itu hypothyroidism ataupun hyperthyroidism dapat menyebabkan rambut rontok. Tak hanya rambut kepala saja, rambut alis pun dapat menjadi rontok. Untuk mengeceknya, Anda dapat meletakan pensil secara vertikal, dengan ujung satu mengarah ke atas pada outer corner mata kanan, dan ujung satunya mengarah ke lantai. Lalu, perhatikan apakah masih ada rambut alis di sisi kanan pensil di luar sudut mata Anda? Jika tidak ada, mungkin Anda bisa mengecek gejala masalah kelenjar tiroid lainnya dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga:  BMKG Catat Gempa 4,3 SR Terjadi Di Nias Barat

5. Stres

Selain berpengaruh pada kesehatan mental, stres juga dapat berpengaruh pada kesehatan rambut alis kita. Perubahan hormon yang terjadi saat seseorang mengalami stres dapat memengaruhi pertumbuhan rambut alis dan berujung dengan telogen effluvium, sebuah kondisi di mana rambut mengalami kerontokan dalam jumlah yang tidak wajar. Tak hanya itu, stres juga dapat menyebabkan folikel rambut menerima sinyal yang salah.

Itulah tadi 5 hal yang dapat membuat alis Anda semakin tipis. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat