Guerrero, Kapten Peru Tampil Di Piala Dunia 2018

JABARNEWS | ZURICH – Kabar gembira untuk timnas Peru setelah sanksi kapten Paolo Guerrero dicabut sementara. Guerrero pun bisa tampil di Piala Dunia 2018.

Seperti dikutip dari detik, Sabtu (2/6/2018), Guerrero ketahuan menggunakan kokain sebelum laga melawan Argentina di kualifikasi Piala Dunia Oktober tahun lalu. Namun, itu terjadi karena tak sengaja. Pasalnya teh yang dia minum sebelum laga ternyata mengandung zat benzoylecgonine yang dilarang Badan Doping Internasional (WADA).

Dia sempat menjalani sanksi selama enam bulan. Tapi, WADA mengajukan keberatan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang lantas menambah durasi hukumannya hingga 14 bulan dan membuatnya tak bisa tampil di Piala Dunia.

Baca Juga:  Ini Pilihan Tepat untuk Cari Kost Secara Mudah

Guerrero melakukan segala cara untuk banding demi bisa memperkuat Peru di Piala Dunia pertamanya sejak 1982. Ia bahkan sempat mendapat dukungan kapten timnas Australia, Prancis, dan Denmark, yang jadi lawan Peru di fase grup.

Upaya Guerrero berbuah hasil. Mahkamah Agung Swiss akhirnya memberi perintah untuk menangguhkan sementara sanksi 14 bulan Guerrero.

Baca Juga:  Duh, Persekusi Terhadap Wartawan Terjadi Di Subang

“Keputusan ini adil meski tidak seluruhnya memuaskan. Saya berterima kasih kepada pengadilan Swiss. Tidak pernah ada batas, tak ada mimpi yang mustahil. Terbukti ketika Peru bersatu, semuanya menjadi mungkin,” tutur Guerrero seperti dikutip Courier Mail.

Hakim pada kasus ini, Christina Kiss, meyakini bahwa Guerrero tak mungkin melewatkan kesempatan tampil pertama kalinya di Piala Dunia.

Banding Guerrero sebelumnya juga didukung oleh pemerintah Peru dan fans yang percaya bahwa Guerrero akan menjadi kunci performa timnasnya di Piala Dunia nanti.

Baca Juga:  Ini Pesan Pj. Bupati Purwakarta Kepada Guru

Kiss menulis sebanyak delapan halaman terkait kasus ini berkata bahwa gelombang dukungan kepada Guerrero ini sangat langka, termasuk surat yang ditandatangani tiga kapten calon lawan Peru di Piala Dunia. Sang hakim juga memikirkan potensi efek negatif yang mungkin akan terjadi pada rekan Guerrero terkait statusnya sebagai kapten.

Putusan ini menempatkan larangan yang dikenakan CAS ditangguhkan sementara, sampai ada pertimbangan untuk kembali membahas kasus di pengadilan federal ke depannya. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat